Lomba Paduan Suara Erlassmus Tingkat TK dan SD Se-Jabodetabek

PDFPrintE-mail

Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2014, Erlass (Erlangga Group) mengadakan Lomba Paduan Suara Erlassmus (Erlass Music) tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) se-Jabodetabek. Mengusung lagu-lagu nasional dan daerah seperti Aku Anak Indonesia, Tanah Airku, Soleram, Sipatokaan dalam setiap penampilan pesertanya.  Lalu, seperti apa kemeriahannya?

Pada Sabtu, 03 Mei 2014 bertempat di Museum  HAKKA, Taman Budaya Tionghoa, TMII, Jakarta Timur, berlangsung Lomba Paduan suara tingkat TK dan SD se-Jabodetabek. Peserta terdiri dari 13 kelompok paduan suara TK dan 14 kelompok paduan suara SD.

Dalam perlombaan ini, tiap kelompok peserta menyanyikan dua lagu yakni lagu wajib dan lagu pilihan. Untuk TK, lagu wajibnya Aku Anak Indonesia ciptaan A.T. Mahmud, sedangkan lagu pilihan adalah lagu daerah (dipilih salah satu), yaitu  Soleram (Riau), Potong Bebek Angsa (Maluku), Gundul-Gundul  Pacul (Jawa) dan Kicir-kicir (Jakarta).  Untuk SD, lagu wajibnya Tanah Airku ciptaan Ibu Sud, dan lagu pilihannya yaitu Sigulempong (Sumatera Utara), Sipatokaan (Sulwesi Utara), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan), Yamko Rambe Yamko (Papua).

 

Adapun tujuan diadakan lomba paduan suara yakni sebagai salah satu wadah untuk menampilkan, mengembangkan bakat dan kemampuan murid TK dan SD dalam bidang seni musik. Selain itu, pilihan lagu sengaja dipilih lagu wajib dan lagu daerah supaya murid tetap ingat dan melestarikan lagu-lagu bangsa Indonesia apalagi bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 02 Mei.

Untuk juri lomba ada Uci Nurul (Kepala Sekolah AFI Junior, Vocal Director Idola Cilik RCTI, Pelatih Vocal Little Miss Indonesia SCTV, anggota grup Katara Singer dan Elfa’s Singer). Kemudian Benny Manumpil (Direktur Paduan Suara Twilite Chorus, Pemimpin Paduan Suara St. Peter Choir, Ursula Canisius Voice, Terra Voce, dan Impromtu) dan Hj. Farida Yusuf, M.Pd (Ketua IGTK Jakarta). Berikut nama sekolah yang telah berhasil memenangkan kompetisi ini :

Kategori Juara Nama Sekolah Lokasi
TK Juara I TK Marsudirini Bekasi
Juara II TK AL-Izhar Pondok Labu
Juara III TK Ignatius Slamet Riyadi Cijantung
Juara Harapan I TK Strada Indriyasana Pejaten
Juara Harapan II TK Islam PB Sudirman Cijantung
Juara Harapan III TK Charitas Pondok Labu
SD Juara I SD Mardi Yuana Depok
Juara II SD Marsudirini Bekasi
Juara III SD Strada Wiyatasana Pejaten
Juara Harapan I SD St.Theresia
Depok
Juara Harapan II SD Desa Putra Lenteng Agung
Juara Harapan III SD. St.Fransiskus 3 Kp.Ambon

Pemenang lomba berhak mendapatkan hadiah berupa uang, piala dan hadiah hiburan. Untuk TK, Juara 1 sebesar Rp 1.500.000,- Juara 2 Rp 1.000.000,- dan Juara 3 Rp 750.000. Pemenang tingkat SD, Juara 1 Rp 2000.000,- Juara 2 Rp 1.500.000,- dan Juara 3 Rp 1.000.000,- Sedangkan untuk pemenang Harapan I, II dan III dengan hadiah berupa piala dan hadiah hiburan.

Untuk diketahui, Erlass merupakan bagian dari Erlangga Group yang berdiri tahun 2010 oleh Tim Direksi bersama para professional yang telah berpengalaman dan andal lebih dari 25 tahun di berbagai bidang, antara lain di bidang penerbitan, percetakan, desain grafis, retail, logistik, distribusi, dan pemasaran. Adapun visi Erlass yakni menjadi badan usaha unggulan dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, kompeten, informatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab melalui berbagai divisi penunjangnya serta menyediakan produk jasa yang andal serta tepat guna. Program yang ditawarkan Erlass yakni Erlass Institute, pelatihan, TK, PAUD, dan pelatihan ICT bagi guru. (AP)

Most Read Articles

esis emir