Menyalakan Detektor Peluang

PDFPrintE-mail

“Peluang yang dikirimkan Tuhan tidak akan membangunkan mereka yang tertidur.” – Peribahasa kuno Senegal

Seluruh upaya untuk meraih kekayaan akhirnya bertumpu pada sikap awas terhadap peluang. Anda boleh memiliki keterampilan mumpuni dalam manajemen finansial, tips teruji tentang pengelolaan keuangan, atau nasihat mentor investasi kelas dunia, namun tanpa sikap awas terhadap peluang semua itu tak akan mengantar Anda kepada kekayaan. Dengan nada keras, Richard Templar menulis dalam bukunya The Rules of Wealth: “Tidur hanya untuk orang yang malas, lamban, dan miskin. Siaga, terjaga, dan bergerak adalah untuk mereka yang lapar, suka mengambil kesempatan, dan kaya.

Kata kuncinya: selalu ada peluang untuk menghasilkan kekayaan di sekeliling kita. Yang perlu Anda lakukan hanyalah terbuka terhadap peluang dan keajaiban semacam itu. Ada lima hal yang harus Anda cermati untuk menjadi pemburu kekayaan:


Waktu sangat penting. Peluang akan lenyap jika Anda bereaksi terlalu lambat. Jika terlalu cepat, Anda mungkin “mengejutkan”-nya. Pasar berubah, tren berganti, dan produk berangsur menghilang. Manfaatkan peluang yang tepat pada waktu yang tepat dan dengan cara yang sesuai.
Anda haru s serius. Tidak ada artinya memiliki kemampuan esok hari atau hanya di pagi hari. Kita tidak pernah tahu kapan peluang muncul. Peluang seperti hewan liar pemalu yang mendatangi danau untuk minum. Jika Anda ingin menangkapnya, Anda harus merangkak perlahan, diam-diam, dan dengan terampil.
Anda haru s berb eda. Jika hanya ada beberap peluang tersembunyi, maka Anda harus terlihat menonjol. Berbeda, unik, istimewa, kreatif, tidak biasa – apa pun istilahnya, Anda harus terlihat menonjol dibanding yang lain. Di tengah ketatnya persaingan dan relatif samanya tingkat upaya, akhirnya kemenarikan Anda yang akan membuat peluang memilih Anda.

Anda harurus tahu apa yang sedang Anda kerjakan. Kekayaan, seperti keahlian lainnya, harus dipelajari. Untuk menemukan dan memanfaatkan peluang, Anda harus memberikan kesempatan terbaik kepada diri Anda. Anda tidak bisa mengambil selembar dokumen keuangan dan menyatakan akan memahaminya dalam satu hari. Dibutuhkan waktu, dedikasi, dan komitmen. Kuasai bidang Anda dan Anda akan bisa melihat peluang dengan jelas.

Tampil menarik. Jika Anda tampil kurang menarik, ada kemungkinan peluang yang sudah dekat akan lari. Anda harus berpakaian dengan cerdas, wangi, tampil baik, dan memancarkan daya tarik.

Pernahkan Anda menyadari, ketika Anda mempertimbangkan untuk mengganti mobil maka Anda segera memperhatikan ratusan mobil di jalan. Apakah mobil-mobil itu ada di sana sebelumnya? Tentu saja. Anda saja yang tidak memperhatikannya. Begitu Anda memusatkan perhatian, Anda pun segera melihatnya.
Peluang juga seperti itu. Begitu kita mulai memperhatikan, berbagai peluang terlihat di sekitar kita. Kita hanya memerlukan tendangan awal dan memulai pencarian tersebut. Sama seperti mengganti mobil, kita mengganti fokus kita.

Kita perlu menyalakan detektor peluang. Begitu kita menyalakannya, secara ajaib peluang akan bermunculan.
(Disarikan dari buku The Rules of Wealth karangan Richard Templar, terbitan ESENSI )


Sumber : Choice Edisi 28



Most Read Articles

esis emir