Menjamu Tamu Tanpa Membobol Anggaran

PDFPrintE-mail

      
  1. Selalu awali dengan membuat perkiraan biaya sebelum mulai berbelanja untuk kebutuhan pesta. Catatlah dengan rapi daftar belanja karena ini akan emnjadi panduan penting Anda!
  2.   
  3. Pikirkan denganmatang anggran yang dapat Anda keluarkan. Ingatlah, sebisa mungkin jangan sampai berhutang. Lalu, pikirkanapa saja yang menjadi prioritas Anda, seperti makanan utama dan minuman. Apakah dekorasi dan souvenir merupakan suatu keharusan ? Apakah cake/tart dapat digantikan dengan es buah segar?
  4.   
  5. Buatlah pula daftar tamu yang ingin Anda undang. Jika biaya membengkak, Anda dapat mengurangi jumlah undangan. Memang sulit untuk memutuskan siapa yang akan dikeluarkan dari daftar tamu.namun ingat, Anda tidak ”wajib” mengundang semua yang Anda kenal Kok!
  6.   
  7. Saat mengundang, pastikan siapa saja yang akan datang. Apakahsuami undangan, pacar, atau putra/putrinya akan datang juga ? Hal yagn satu ini masih agak sulit dilakukan di Indonesia karena belum menjadi hal yang biasa.Namun, hal yang di luar kebiasaan lama-lama akan menjadi biasa. Mulailah sekarang!
  8.   
  9. Keep it simple! SebelumAnda menambah ini dan itu pada daftar belanja, tanyakan pada diri Anda apakah memang diperlukan, atau hanya sekadar ekstra saja!
  10.   
  11. Berhematlah dengan emngurangi jamuan daging, ikan, dan alkohol. Sajian nasi, sup, ayam, berbagai sayuran adalah alternatif yang baik dan pastinya tetap nikmat.
  12.   
  13. Seringkali tamu kita bertanya, Mau dibwakan apa. Nih.? Jangan cepat-cepat menjawab ”tidak usah”. Apakahitu es buah, salad, bahkan sekedar nasi goreng, pastinya itu akan meringankan beban biaya Anda. Jika tamu Anda ingin membawakan sajian khasnya, jika itu memang cocok dengan menu Anda, kenapa mesti mesti menolak ? Pastikan saja bahwa tamu Anda tidak membawakan makanan atau minuman yang sudah tersedia.
  14.   
  15. Cobalah mengolah kembali makanan siap saji yang dapat Anda beli di supermarket atau pasar. Anda dapat menembahkan taburan tepung gula di atas kue serabi dan tambahkan potongan buah-buah di atasnya. Pastinya tampilan lebih menggugah selera, dan rasanya sudah pasti tidak enak!
  16.   
  17. Menjamu tamu tidakharus di malam hari loh ? Cobalah membuat undangan breakfast atau makan siang. Lebih santai, bisa lebih murah, dan pastinya tetap menyenangkan.
  18.   
  19. Pilihlah satu tema menu yang ingin Anda sajikan, apakah masakan Indonesia, Western, Jepang, atau Thailand. Tidak perlu menyajikan berbagai macam menu karena biayanya akan menjadi lebih tinggi. (Ingat, Anda harus membeli bahan baku dan bumbu yang berbeda-beda dan belum tentu akan terpakai lagi.)
  20.   
  21. Tidak perlu menghabiskan anggaran untuk membeli bunga-bunga mahal untuk mendekorasi rumah. Ingat, trend saat ini adalah dekorasi yang simple tapi chic!
  22.   
  23. Belilah beberapa kuntum bunga berwarna cerah yang sedang mekar. Masukkan ke dalam mangkuk yang telah diisi dengan air secukupnya beserta lilin aromaterapi.Letakkan di beberpa tempat yang strategis. Sederhana, namun cantik.
  24.   
  25. Bermainlah dengan sentuhan warna serbet, lilin, kertas krep, ranting-ranting kering, gantungan kerjata hias, dan kartu cantik yang dapat Anda buat sendiri. Saat ini telah banyak buku-buku petunjukmembuat dekorasiyang cantik dan mudah. Acara Anda akan menjadi lebih bermakna karena mendapat sentuhan karya tangan Anda sendiri.
  26.   
  27. Jangan lupa untuk mengkonfirmasikan kembali jumlah tamu satu hari sebelum acara. Jangan sampai hidangan Anda berlebih, atau kurang!

Selamat menyambut tamu.

 

Most Read Articles

esis emir