How To Manage Your Boss

PDFPrintE-mail

Memanage Bos ? Ah....mana bisa ? Begitu mungkin yang terbayang di benak Anda. Eiittt nanti dulu...baca duku ulraian berikut ini. Yang dimaksud dengan me-manage di sini adalah menjaga agar hubungan Anda dengan bos Anda berjalan mulus, memuaskan, dan saling menguntungkan.

Tips-tips berikut bisa dipraktekan agar Anda mendapatkan hubungan semacam itu dengan bos Anda.

      
  1. Memahami Bos Anda
    Anda harus mengerti tugas atau target apa saja yang dipikul oleh bos Anda, tipe bos seperti apakah bos Anda, apa kelebihan dan kekuatan bos Anda, bagaimana caraia berkomunikasi baik dengankaryawannya; koleganya;maupun atasannya, apa yangmembuatnya termotivasi atau tertekan, dan tekanan macam apa yang diberikan oleh atasan bos Anda kepada bos Anda.
  2.   
  3. Memahami Perilaku Kita Sendiri
    Penting untuk menganalisis perilaku Anda sendiri, dan memodifikasinya demi menghindari masalah dengan bos Anda.
  4.   
  5. Menegmbangkan Keterampilan Khusus
    Andan perlu mengenali dan menggali kepribadian serta gaya kerja Anda yangmemberikan keuntungan positif bagi hubungan Anda dengan bos Anda.
  6.   
  7. Mengatasi Tekanan yang Diberikan oleh Bos Anda
    Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah Anda harus belajar berdiplomasi,berani terbuka untuk mengungkapkanmasalah yang Anda hadapi secara jelas, dan, khsusus untuk Anda yang memiliki lebih dari satu bos, pastikan Anda dapat membuat semua bos Anda berkumpul untuk saling berkoordinasi.
  8.   
  9. Menahan Emosi
    Emosi yang meninggi, kecuali emosi positif, akan menghalangihubungan kerja yangbaik. Bersikaplahtenang danrasional.
  10.   
  11. Bersikap Asertif
    Tunjukkan rasa hormat pada orang lain, ekspresikan perasaan Anda, bersikaplah jujur, pertahankan hak Anda, dan berani mengatakan tidak.
  12.   
  13. Belajar untuk Mendengarkan dan didengarkan.
    Mendengar dengan seksama dapat mencegah terjadinya salah komunikasi, dan untuk membuat orang lain mendengarkan Anda dengan seksama, Anda harus membuat lawan bicara memahami Anda semudah mungkin.

Disarikan dari buku HOW TO MANAGE YOUR BOSS ( Ros Jay 2006) dari Penerbit Erlangga

Most Read Articles

esis emir