STIE Perbanas

PDFPrintE-mail

STIE Perbanas berdiri sejak 38 tahun yang lalu, tepatnya 19 Februari 1969. STIE Perbanas merupakan lembaga pendidikan perbankan dan keuangan yang pertama di Indonesia. Kampus ini melahirkan atlit-atlit hebat (banyak juga yang masuk tim nasional dan tim unggulan)

melalui ekstrakurikuler olahraga basketnya. Saat ini, Perbanas memiliki 6 unit gedung dan ribuan mahasiswa aktif. Sangat jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya. Dahulu, kampus ini hanya bergedung 1 unit dengan mahasiswa yang berjumlah ratusan.

STIE Perbanas memiliki 2 jurusan yaitu Akuntansi dan Manajemen Keuangan. Masing-masing jurusan berjenjang D3 dan S1. Tidak ketinggalan, STIE Perbanas juga memiliki program pascasarjana. Di tahun 2007, STIE Perbanas berganti nama menjadi IPKA Perbanas (Institut Perbankan Keuangan Asian) yang merupakan hasil penggabungan antara STIE dan STIMIK Perbanas. Pada akhirnya, IPKA Perbanas dijadikan kampus bertaraf internasional dengan spesialisasi keuangan perbankan se-Asian.

Ada apa saja, ya?

Di atas bangunan seluas 22.820 meter persegi, Perbanas memiliki banyak fasilitas yang membuat kamu betah berlama-lama di kampus ini. Salah satunya, laboratorium bahasa Inggris (ULBI) yang dilengkapi dengan fasilitas internet dan speaker. Ada juga perpustakaan dua lantai. Tapi, kita tidak bisa berperilaku “macam-macam” di tempat ini karena ada kamera tersembunyi di setiap sudut ruangan. Kemudian, ruang pratikum bank mini. Ruangan ini sangat cocok buat kamu yang ingin bekerja di bank setelah lulus kuliah nanti. Ada sertifikatnya juga loh. Sudah begitu, para mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah ini, tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapat pekerjaan. Sebabnya, mahasiswa tersebut merupakan ”sasaran empuk” bank-bank ternama untuk kemudian menjadikan mereka karyawan.

Bagi kamu yang suka nge-gym, Perbanas memiliki ruang fitnes yang terletak di gedung unit 5. Fasilitas yang disediakan pun lengkap dan gratis. Tapi, jika kamu ingin belajar dan bermain gamelan, datangi saja ruang gamelan.

Perbanas juga memiliki tempat relaksasi yaitu Taman Asri. Taman yang berdekatan dengan masjid Al-Arief ini juga merupakan kantin STIE Perbanas.

STIE Perbanas juga memiliki dosen-dosen lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri. Para pengajar pun terbilang cukup supel dengan mahasiswa. Tak hanya terbatas pada dosen, karyawannya juga baik-baik dan siap membantu mahasiswa kapan saja. Tidak ketinggalan 12 organisasi mahasiswa yang siap menampung bakat dan aspirasi para mahasiswanya.

Nilai plus-nya..

Di STIE Perbanas, mahasiswa diajarkan mandiri. Mulai dari melihat nilai sampai mengatur jadwal kuliah. Jika ingin melihat nilai, mengambil jadwal kuliah, ataupun mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru Perbanas, bisa langsung meng-klik www.stieperbanas.ac.id.

Tidak hanya itu, para wisudawan/wati yang telah berhasil mendapat nilai IPK tertinggi, langsung mendapat beasiswa dari bank sponsor wisuda dan bekerja di bank tersebut tanpa melalui proses seleksi.

Adapun 3 kriteria untuk memperoleh beasiswa. Pertama, beasiswa akademik bagi mahasiswa ber-IPK > 3.25. Kedua, mahasiswa dengan keadaan ekonomi kurang baik dan bersyarat IPK minimal 2.75. Ketiga, bagi aktivis mahasiswa dan atlit yang telah mengharumkan nama Perbanas dengan IPK > 2.25 Bagaimana? Oke punya kan? Buruan deh bergabung di STIE Perbanas. Di tahun ajaran baru 2007 ini, Perbanas membuka kelas unggulan dengan syarat nilai minimal 8 untuk matematika, bahasa Inggris, serta lulus tes wawancara. Jika nilai kamu berhasil memuaskan di tahun ke-2, kamu bisa kuliah di luar negeri secara gratis.

Teks: Artika Dewi Asiyah
Most Read Articles

esis emir