Kunci sukses agar Dapat Menjual Lebih Banyak pada Pelanggan Aktif

PDFPrintE-mail

Pada saat kondisi ekonomi secara umum sedang buruk, keberhasilan untuk menjual lebih banyak produk ataupun jasa kepada pelanggan aktif akan sangat bergantung pada kemampuan Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka melalui perjanjian yang adil bagi kedua pihak, seringnya berhubungan dan komunikasi langsung.

Berikut beberapa ide yang dapat dilakukan untuk menciptakan suatu bisnis baru dengan pelanggan aktif Anda :

Buatlah penawaran khusus bagi pelanggan aktif Anda, demikian dikatakan oleh Bob Leduc. Buatlah tenggat waktu yang pendek sehingga mereka harus mengambil keputusan dalam waktu pendek untuk mendapatkan penawaran khusus ini. Beri tahu mereka mengenai penawaran khusus ini melalui media komunikasi yang cepat dan murah seperti e-mail, faks, kartu pos, atau bahkan telepon.

Luangkan waktu untuk pelanggan inti. “ Kondisi bisnis bisa saja sedang memburuk, tapi ini adalah waktu yang paling tepat untuk memperdalam hubungan dengan pelanggan inti Anda,† demikian saran dalam artikel pada Majalah Strive dari First Union Bank. Ajaklah pelanggan Anda untuk makan siang atau makan malam atau undang mereka untuk bermain golf. “ Perhatian pribadi seperti ini akan selalu diingat dan dihargai pada saat kondisi bisnis membaik kembali.

Pasarkan pada pelanggan inti Anda. “Hubungi kembali pelanggan setia Anda, yang barangkali tidak Anda pedulikan akhir-akhir ini, “ tulis Alf Nucifora dalam suatu artikel di Business News, yang menganggap bahwa mempertahankan konsumen adalah salah satu tujuan dari pemasaran terhadap pelanggan aktif.

Selalu berhubungan dengan pelanggan walaupun pada saat ini mereka tidak sedang berbisnis dengan Anda, demikian menurut Robert McGarvey, penulis dari HomeOfficeMag.com. Dia menyarankan untuk mengirim e-mail sebulan sekali dengan pesan : “ Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Saya sedang sangat sibuk tapi selalu bersedia mendengar berita baik dari Anda mengenai proyek yang akan datang.
Tingkatkan frekuensi hubungan dengan pelanggan. “ Hubungi pelanggan inti sekalipun dalam masa resesi

Tanamkan kebiasaan melakukan komunikasi rutin dengan pelanggan inti. Roger C. Parker menyarankan untuk mulai setiap hari menghubungi tiga pelanggan dan tanyakan apakah mereka puas dengan produk yang mereka beli. Ucapkan terima kasih karena telah memilih produk Anda dan tanyakan apa yang dapat Anda lakukan pada mereka agar mereka lebih puas lagi.

Fokuskan perhatian anda pada pelanggan utama. “ Salah satu kesalahan dari pemasaran adalah selalu berusaha meluaskan usaha untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Anda lebih baik focus pada bagaimana dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan yang sudah ada.

Memahami rencana dari pelanggan Anda dan mengapa terjadi perubahan rencana. Dalam kondisi ekonomi yang menurun, sebagai contoh, sbuah perusahaan besar sering kali membatasi anggaran. Anda dapat membantu mereka mengatasi masalah ini dengan memberikan penawaran yang dapat menggunakan sisa anggaran yang ada atau yang tidak memerlukan pengesahan dari manajemen senior.

Berikan perhatian khusus bagi kepuasan konsumen. Sebagai contoh, pada saat produk Anda datang , harus sudah siap untuk dipakai.

Sumber :
Buku Fool-Proof Marketing “ 15 Metode efektif untuk menjual produk atau jasa apapun di dalam kondisi ekonomi apapun “
Pengarang : Robert W. Bly adalah seorang copy writer periklanan dan konsultan spesialis yang berfokus pada pemasaran langsung dan pemasaran antar bisnis. Ia telah berpengalaman 25 tahun menyusun materi pemasaran bagi berbagai klien ternama seperti AT&T, IBM, dan Lucent Technologies. Ia juga telah menulis sedikitnya 50 judul buku, termasuk di antaranya The Complete Idiot’s Guide to Direct Marketing.The Copywriter’s Handbook, dan sebuah buku klasik The Elements of Technical Writing.
Penerbit : Erlangga Hal. 106 –108

Most Read Articles

esis emir