Kiat Meraih Kepercayaan

PDFPrintE-mail

Di dalam setiap perusahaan, di jajaran pemimpin, selalu ada kelompok khusus bak sebuah cosa nostra. Mereka adalah kelompok orang yang berhak menentukan jenis dan periode sebuah jabatan. Karenanya, Anda harus mengusahakan agar kelompok ini mempercayai Anda. Sebab kenyataannya, Anda tak dapat begitu saja menapaki atau meraih karier dengan sekadar mengandalkan kontribusi yang besar. Selain bakat, Anda harus pula meyakinkan kelompok ini bahwa Anda mampu sejajar dengan mereka.

Biasanya setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri. Di beberapa perusahaan, karyawan yang menduduki posisi puncak biasanya berasal dari golongan karyawan yang mengawali karirnya di bagian penjualan, di bagian yang sangat diminati, mereka yang aktif, atau anggota keluarga. Cari tahulah orang-orang yang berada dalam kelompok ini dan alasan keberadaan mereka. Tentukan kreteria kepercayan yang diperlukan. Jika kepercayaan itu sulit diraih, pertimbangkan apakah mereka dapat menerimanya dan orang inilah yang kerap terjadi. Jika Anda tidak dapat meraih kepercayaan itu, pindahlah ke perusahaan lain yang memungkinkan.

Jika para eksekutif bank adalah adalah mantan pejabat di bagian peminjaman, usahakan bekerja di bagian yang sama. Jika semua pejabat eksekutif adalah insinyur, sebaiknya Anda menjadi insinyur. Dan bila petinggi di perusahaan Anda adalah mantan karyawan penjualan, bergelutlah di bidang itu.

Memang, Anda mungkin saja bisa menjadi CEO dalam sebuah perusahaan tanpa menjadi bagian dan kelompok serupa, namun dapat dipastikan bahwa posisi ini takkan lama Anda duduki. Anda akan ditendang setelah menjabat selama tiga hingga lima tahun. Dan itu mungkin dilakukan oleh manajer yang berkuasa, seorang pemegang saham dalam jumlah besar, atau kroni dan dewan direksi.

Sumber :
Buku How to Become CEO “75 Kiat Menjadi Eksekutif Puncak dalam Setiap Organisasi†
Pengarang : Jeffrey J. Fox adalah Pendiri Fox & Co, Inc., sebuah perusahaan konsultasi pemasaran terkemuka di Avon, Connecticut, yang melayani lebih dari 60 perusahaan dari enam puluh industri.
Penerbit : Erlangga Hal. 35-36
Buku-buku lainnya yang diterbitkan oleh Erlangga : How To Become Rainmaker

Most Read Articles

esis emir