Karisma Lebih dari Sekadar Penampilan ?

PDFPrintE-mail

Mengapa saat sejumlah orang masuk ke dalam sebuah ruangan, tidak seorang pun mengedipkan mata mereka? Orang-orang yang lain bisa masuk ke dalam ruangan yang sama, dan bum! Semua orang terpana.
Karisma atau aura, merupakan kualitas yang mengubah aktor menjadi selebritis, membuat tenaga penjualan harian menjadi pemain bintang di dalam sebuah korporsi, dan memisahkan politisi penipu dari negarawan yang dikagumi. Karisma adalah kualitas yang bisa Anda bentuk perlahan-lahan, jika Anda percaya seyakin-yakinnya bahwa Anda berhak mendapatkan lebih, jika Anda percaya bahwa manusia adalah makhluk yang fantastis.

Anda bisa menciptakan karisma, tetapi Anda tidak bisa memalsukannya. Ada sesuatu di dalam diri kita yang bisa mendeteksi apakah seorang asli atau gadungan. Jangan tanyakan saya apa itu, tetapi saya tahu kita semua memilikinya. Siapa pun yang memalsukan karisma tidak memahami kaitannya dengan harga diri dan dengan harmoni dengan diri Anda. Hal yang saya maksudkan adalah Anda bahagia dengan siapa diri Anda, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Karisma tidak berhubungan dengan jenis kelamin atau ras, atau tinggi badan dan warna mata. Saya percaya karisma merupakan sumber daya brilian yang kita semua miliki, tetapi hanya sedikit orang yang tahu cara mengolah dan memanfaatkannya.

Untuk menemukan karisma, Anda perlu melihat hidup sebagaimana mestinya-tidak ada film, tidak ada opera sabun, hanya kehidupan sehari-hari yang nyata. Perbedaan terbesar antar dunia Hollywood dengan dunia nyata adalah bahwa orang sukses dalam semua lapangan kehidupan terlihat seperti Anda dan saya. Mereka hanyalah orang-orang normal, tetapi mereka berhasil ‘masuk ke dalam’ dan membangun kekuatan karisma mereka, dan memancarkannya kepada dunia. Saat bercermin mereka tidak saja melihat refleksi jasmani mereka. Mereka tahu bahwa di dalam sana, mereka cantik, mereka penting.

Ketika Anda masuk ke dalam sebuah ruangan yang penuh dengan orang, apakah Anda merasa takut atau rapuh? Atau apakah Anda tahu Anda punya banyak untuk diberikan kepada orang-orang di sekeliling Anda? Di setiap seminar, saya masuk ke dalam ruangan penuh orang yang tidak saya kenal, astaga, auditorium yang penuh dengan orang! Saya biasanya merasa kecil hati karena kesadaran-diri saya membuat saya merasa ‘tidak cukup’. Apakah jas saya cukup rapi? Apakah saya terlalu gemuk?

Hal yang mengubah persepsi saya adalah sebuah artikel yang saya baca di sebuah majalah, yang menyatakan sesuatu seperti ‘Selalu ingat: saat Anda berjalan masuk ke dalam sebuah ruangan penuh orang, jangan pikirkan tentang diri Anda’. Pikiran Anda bisa menjadi musuh atau teman Anda. Ketika Anda memasuki ruangan penuh manusia yang tidak Anda kenal, fokuskan pikiran Anda pada apa yang bisa Anda lakukan untuk mereka. Yakinkan diri Anda bahwa ada banyak orang di dalam ruangan yang ingin mendengar dan belajar dari Anda. Bahwa Anda akan menjadi orang yang spesial di mata mereka.



Sumber :
Buku Believe and Achieve ! ,† Menuntun Anda Mencapai kesuksesan dan kebahagiaan yang lebih besar “
Pengarang : Paul Hanna adalah salah seorang motivator terkemuka di Australia dengan daftar klien yang terdiri atas korporasi-korporasi terpandang di Australia, Toyota, Optus, Wstpac, Qantas, Aussie Home Loans, BMW, dan Colonnial adalah sejumlah korporasi terkemuka yang telah memanfaatkan jasa dari pembicara muda yang dinamis ini.
Penerbit : Erlangga Hal. 185
Buku-buku lainnya yang diterbitkan oleh Erlangga : You Can Do It, The Mini Motivator, dan The Money Motivator


Most Read Articles

esis emir