Buah Pisang ...Buang Ajaib

PDFPrintE-mail

Buah Pisang tidak hanya sebagai buah biasa, ternyata berdasarkan penelitian buah ini merupakan buah ajaib. Wah pasti tidak semua orang tahu bahwa ada banyak manfaat apabila Anda mengkomsumsinya setiap hari, Ingin tahu bagaimanakah buah ajaib ini dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit :
Pisang mengandung tiga jenis gula alami – sukrosa, fruktosa, dan glukosa – serta serat yang konon memegang peran utama dalam menambah energi. Hasil penelitian membuktikan bahwa energi yang dihasilkan oleh dua buah pisang ukuran sedang sama dengan energi yang dikeluarkan seseorang ketika melakukan penelitian selama 90 menit. Jika dibandingkan dengan apel, pisang memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih tinggi, kadar fosfor empat kali lebih tinggi, kadar vitamin A dan zat besi lima kali lebih tinggi, serta kadar vitamin dan mineral lainnya dua kali lebih banyak. Selain itu pisang pun ditengarai mampu memperbaiki keadaan fisik, pikiran, serta emosi seseorang. Ingin tahu lebih banyak, jangan lewatkan tulisan singkat di bawah ini.

Anemia
Pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat memicu tubuh memproduksi hemoglobin lebih tinggi.

Tekanan Darah
Pisang sebagai buah-buahan khas tropik yang mengandung potasium tinggi sehingga sangat cocok bagi orang dengan tekanan darah tinggi yang harus melakukan diet rendah garam namun tetap membutuhkan potasium. Bahkan akhir-akhir ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Amerika Serikat (US Food and Drug Administration) mengizinkan para petani pisang untuk mengiklankan bahwa pisang memiliki kemampuan mengobati bagi pasien tekanan darah tinggi.

Daya Nalar
Dalam sebuah percobaan, 200 siswa SMU mengakui bahwa kemampuan berpikir dan daya tangkap mereka semakin baik ketika mengonsumsi pisang pada pagi hari di waktu sarapan. Penelitian membuktikan bahwa potasium yang ada dalam buah-buahan dapat membuat seseorang menjadi lebih awas dan waspada sehingga lebih mudah berkonsentrasi.

Pencernaan
Karena mengandung serat yang tinggi pisang dapat menekan produksi asam lambung – terutama yang terserang radang lambung – sehingga tidak menyebabkan nyeri lambung. Para pakarpun menyetujui bahwa pisang merupakan satu-satunya buah yang kandungan asam dan seratnya tidak membahayakan para penderita tukak lambung. Sebaliknya pisang akan menetralisir asam lambung dan melapisi lambung yang luka.

Depresi
Hasil penelitian terhadap para penderita depresi membuktikan bahwa para penderita mengalami pengurangan tingkat depresi setelah mengonsumsi pisang. Ini disebabkan karena pisang mengandung protein trypotophan, sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi enzim serotonin yang mampu membuat seseorang menjadi lebih santai, lebih tenang, dan lebih bahagia. Selain itu pisang pun sangat baik bagi orang yang sedang stres.. Potasium dalam pisang mampu membuat detak jantung lebih stabil sehingga oksigen yang dipasok ke otak tetap stabil. Ketika seseorang stres kadar potasiumnya berkurang akibat metabolisme yang meninggi. Untuk menormalkan kembali cukup dengan makan pisang sebagai obat alami.

Terbakar
Jika Anda terlalu lama melakukan kegiatan di luar ruang dan suhu tubuh mengalami kenaikan akibat sorotan sinar matahari, coba untuk makan pisang karena pisang mampu mengurangi suhu tubuh akibat kandungan antacid.

Mual di Pagi Hari
Bagi ibu hamil yang sering mual di pagi hari tak ada salahnya untuk memakan pisang sebagai camilan. Kandungan gula alami yang tinggi dapat mempertahankan kadar gula yang tetap dalam darah sehingga mengurangi rasa mual.

Gigitan Nyamuk
Jika Anda tidak memiliki balsam ketika digigit nyamuk atau serangga lainnya oleskan bagian dalam kulit pisang pada bagian yang radang/gatal. Kandungan enzim pada bagian dalam kulit pisang mampu mengurangi rasa gatal dan nyeri akibat iritasi gigitan serangga.

Baik Bagi Saraf
Pisang mengandung vitamin B dengan kadar tinggi yang sangat berguna bagi sistem saraf tubuh.

Pra Menstruasi
Lupakan pil penghilang rasa sakit. Ganti dengan pisang yang mengandung vitamin B 6. Pisang dengan kadar B 6 yang tinggi mampu mengatur kadar gula dalam darah sehingga mampu mengontrol suasana hati akibat gejolak hormon di saat sebelum menstruasi.

Baik Bagi Pecandu Rokok
Pisang pun sangat baik bagi para pecandu rokok karena mengandung vitamin C, A, B 6, B 12, potasium, dan magnesium. Semua vitamin dan mineral tersebut membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh akibat nikotin lebih cepat.

Serangan Stroke
Menurut tulisan yang diterbitkan pada “The New England Journal of Medicine” : Mengonsumsi pisang setiap hari secara teratur mampu memperkecil kadar kematian akibat serangan stroke sampai 40 %.,
kiriman: Roospono, SUBUD Jaksel, This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it )
Perkembangan TI pengaruhi Dunia Medis
PERKEMBANGAN teknologi informasi terjadi di segala bidang, termasuk dunia kesehatan. Banyak alat medis canggih hadir, misalnya CT scan terbaru yang sudah mampu menampilkan gambar tiga dimensi dan berwarna.

Situs internet yang membahas masalah-masalah kesehatan sekarang juga mudah ditemui. Catatan kesehatan seorang pasien juga mulai bisa diakses dari rumah sakit di tempat lain secara online.

CT scan memang dirancang untuk pendeteksian penyakit secara dini. Keunggulannya adalah cara pengoperasian yang mudah dan segera dirasakan oleh dokter yang bertugas atau juga pasien. Dokter hanya perlu menekan tombol-tombol kendali. Pasien sendiri tidak akan merasakan sakit selama pendeteksian karena hanya tinggal perlu berbaring selama mesin bekerja.

Mempelajari hasil scanning juga menjadi jauh lebih mudah. Lewat komputer, bisa terlihat jelas kondisi organ-organ tubuh dari berbagai sudut karena CT scan mendeteksi secara tiga dimensi. Gambar yang ditampilkan juga dengan mudah bisa diperbesar secara langsung. Dokter, misalnya, dapat mendeteksi kelenjar di leher pasien dengan cara menempelkan alat pendeteksi di leher pasien.

Lalu dokter dan pasien secara langsung dapat melihat hasil scan di layar komputer. Kondisi lain yang bisa diperiksa, misalnya, kadar lemak, kondisi pembuluh darah, dan sejenisnya. Jika diinginkan, hasil akhirnya juga bisa dicetak untuk keperluan pasien.
Sumber : www.idionline.com
Most Read Articles

esis emir