Bagaimana Memilih Mebel Berdasarkan FengShui

PDFPrintE-mail

Oleh Simon Brown

Pengarang : Simon Brown adalah insinyur desain yang sejak tahun 1981 telah mempunyai minat besar pada filsafat dan terapi timur. Dia menjadi konsultan Feng Shui yang disegani selama 10 tahun terakhir ini. Kliennya cukup beragam, dari pemilik rumah sampai perkantoran besar.

Penataan kursi, tempat tidur, dan meja akan berpengaruh pada cara Anda dan keluarga menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Taruh mebel di posisi yang memungkinkan Anda berada di lokasi yang menyenangkan dan arah yang menguntungkan. Bahan, bentuk dan warna mebel, serta riwayatnya juga dapat mempengaruhi energi chi di ruangan.

Memilih Mebel
Sering orang membeli mebel yang tampak ideal ketika masih di toko, tetapi mengecawakan ketika sudah di rumah. Feng Shui dapat membantu Anda memilih mebel yang harmonis dengan posisi yang dituju. Dengan Feng Shui pula Anda akan memahami mengapa benda tertentu terasa tidak cocok, bagaimana menemukan mebel yang cocok untuk mengisi ruang yang sulit, dan bagaimana menemukan posisi terbaik untuk sepotong mebel.

Memang, dalam kasus tertentu pertimbangan praktis akan mengalahkan persyaratan yang ditetapkan Feng Shui, sehingga Anda perlu berkompromi. Bila berkaitan dengan bahan, pilihlah kayu untuk bagian mana pun di rumah anda karena efeknya netral. Kalau Anda sedang mencari tempat duduk untuk kamar tidur yang terletak di barat laut rumah Anda, misalnya, ada kemungkinan Anda menolak bahan yang harmonis untuk lokasi itu ( logam, batu ) karena pertimbangan praktis, dan lebih memilih kayu. namun sofa bundar dengan bahan bercorak melingkar dalam warna abu-abu dan pink juga bisa menjadi pilihan ideal.

Mebel baru memberi atmosfer segar pada rumah, sedangkan mebel tua sudah menyerap energi chi dari masa lalu dan terasa lebih kuat. Jenis energi chi yang diserap tergantung pada kegunaan mebel itu di masa lalu. Meja bekas milik pemotong daging menyerap energi chi yang berbeda dengan meja yang dipakai untuk memajang keramik. Cari tahu riwayat benda tua itu dan pelajari apakah sesuai dengan tujuan Anda. Hampir semua mebel akan mengambil energi chi di lingkungan baru dalam waktu singkat. Berhati-hatilah dengan mebel yang pernah dipakai untuk memotong hewan, atau berasal dari kamar mayat, rumah sakit, atau lingkungan yang sejenis.


Hindari meletakan mebel dengan ujung tajam mengarah pada Anda. Ini dapat membelokkan energi chi yang berputar-putar, disebut dengan chi memotong ke arah Anda. Energi chi Anda akan berputar dan mengakibatkan Anda merasa kehilangan arah dan mengalami gangguan mental.

Jenis Mebel
Tempat Tidur , Kamar tidur dengan langit-langit tinggi bisa diisi dengan tempat tidur berkaki tinggi, yang meningkatkan energi chi pohon. Kamar tidur dengan langit-langit rendah lebih baik diisi dengan tempat tidur rendah. Mebel semacam ini mendatangkan energi chi tanah yang lebih mantap.

Tempat Duduk, Tempat duduk bundar dan empuk bersifat Yin dan membuat santai. Kursi dengan sandaran tegak dan lurus bersifat lebih Yang dan membuat aktif. Padukan tempat duduk yang bersifat Yin dan Yang untuk menciptakan atmosfer seimbang. Mafaatkan warna untuk mendapatkan unsur kontras. Misalnya, bantalan kursi merah bersifat Yang di sofa empuk Yin. Penempatan kursi juga menimbulkan efek.

Mengenai penempatan dan pemilihan Meja, Laci, Meja Rias, Lemari dan Pintu Masuk dapat disimak dalam tips berikutnya.

Sumber : Buku Feng Shui Praktis “ Menata, mendekorasi, dan mempercantik rumah untuk meningkatkan kesehatan, kekayaan, dan kebahagiaan Anda “

Penerbit : Erlangga
Buku-buku lainnya yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga : Feng Shui Praktis untuk Bisnis, dan Feng Shui Solution ( segera terbit )

Most Read Articles

esis emir