Aku Bisa Jadi Siapa Saja

Sepulang berkunjung ke rumah nenek di Bandung, Dito dan Anya bersama ayah dan ibu tiba di Jakarta. Namun, ada pemandangan yang berbeda saat mereka kembali. Gedung di sekitar rumah yang tadinya kosong, kini telah berubah wujud menjadi gedung yang terang benderang, penuh dengan obat-obatan, bersih, dan terpampang nama Apotek Kutilang.

Rupanya, apotek baru itu milik tante Lasmi, tetangga Dito dan Anya. Sebelumnya, tante Lasmi memang sudah pernah bekerja di perusahaan obat. Dari tabungannya, kini dia bias membuka praktik apoteknya sendiri. Siapa nih, Sobat Medi yang sudah pernah membeli obat di apotek? Ada yang tahu, apoteker itu siapa, dan tugasnya apa ya?

Nah, di buku Seri Aku Ingin Menjadi Apoteker terbitan Erlangga ini, lewat cerita Dito dan Anya, mereka mengajak kita untuk mengenal lebih jauh profesi apoteker. Tante Lasmi pun mengajak Dito dan Anya , mengunjungi ruangan yang cukup luas di bagian belakang. Di situlah tante Lasmi meracik resep, seperti menumbuk obat, mencampur, menimbang takaran obat, dan mengemasnya. Jadi, apoteker ialah seorang yang ahli adlam bidang farmasi, yaitu bidang keilmuan yang mempelajari bahan-bahan kimia, terutama untuk diolah menjadi obat-obatan penyembuh penyakit.

Aneka cita-cita

Kamu tertarik menjadi apoteker? Bisa banget kok, asal kamu giat belajar, dan memang menggemari dunia kesehatan, seperti belajar kimia dan biologi. Nah, saat kamu kuliah nanti, bisa mengambil jurusan farmasi. Namun, enggak bisa langsung jadi apoteker lo, meski kamu sudah lulus kuliah farmasi. Masih ada tahap lagi ya, harus meneruskan pendidikan profesi apoteker selama dua tahun.

Jika Anya bercita-cita menjadi apoteker seperti tante Lasmi, berbeda dengan Yuni yang suka bermain susun balok. Kebetulan, omnya Yuni, Om Ben juga punya minat sama dengan Yuni. Saat bermain susun balok pun, om Ben memberi masukan agar susunan bangunan milik Yuni lebih bagus. Pantas saja dong, ternyata om Ben itu seorang arsitek! Wah, keren ya, bisa bikin bangunan gedung.

Yuni pun jadi lebih paham lo tentang dunia arsitektur saat diajak om Ben ke kantornya. Arsitek ini juga tugasnya banyak, enggak  cuma bikin gedung terlihat bagus ya, Sobat Medi. Namun, juga rancangan secara keseluruhan, termasuk bagaimana kenyamanan bangunan. Nah, untuk menjadi arsitek, Sobat Medi harus tekun belajar matematika lo, karena perhitungannya harus teliti dan presisi, dan tentunya suka menggambar.


Profesi bidang kreatif

Sobat Medi , tahu kan, kita bisa bermimpi dan bercita-cita menjadi siapa saja, termasuk Anya yang ingin menjadi apoteker, atau Yuni yang mau jadi arsitek yang penuh dengan perhitungan.

Ada jugalo, profesi yang menuntut kreativitas kita. Kalau Sobat Medi suka pergi ke bioskop untuk menonton film , nah salah satu profesi yang ada di bidang kreatif itu, ya sutradara. Ia dituntut untuk bisa membuat film yang enak ditonton dan menghibur, tentunya harus punya kreativitas dong, yang bisa didapat dari berbagai referensi, seperti menonton film, membaca buku, dan mungkin kamu nanti bisa sekolah film.

Atau Sobat Medi mau jadi penulis? Harus kreatif juga seperti sutradara lo. Kalau kamu mau menajajal kemampuan menulis kamu, bisa banget kirimin tulisan ke media, seperti untuk rubric Media Anak di Media Indonesia.

Buku Seri Aku Ingin Menjadi terbitan Erlangga ini juga sangat menarik untuk dibaca lo, karena selain menjelaskan berbagai profesi, juga terdapat ilustrasi gambar untuk memudahkan kita memahami lebih dalam beberapa bidang profesi. Jadi, Sobat Medi punya cita-cita apa? Mau jadi apa nih, nanti? Semoga sesuai dengan yang dicitakan ya. (M-1)

Sumber : Media Indonesia

Most Read Articles

esis emir