Bersaing di Dunia Global


Oleh Muhammad Amin

PIALA Dunia sudah memasuki fase pertengahan. Beberapa Negara mapan tetap unggul dan melaju. Tapi beberapa Negara yang selama ini dianggap kelas II, kini mulai bisa “bicara”.

Dua di antaranya berasal dari Asia. Mereka adalah Korea dan Jepang. Korea memang tak masuk ke babak 16 besar. Tapi kesuksesan mereka menaklukan juara bertahan Jerman 2-0 dan membuat Tim Bravarian itu pulang kampong lebih awal. Jepang bahkan lebih hebat. Tim Samurai mampu melaju ke babak 16 besar. Kesuksesan Jepang dan Korea bukanlah kisah instan. Mereka membangunnya dari dasar.

Sama seperti tim sepakbolanya, negaranya secara umum pun demikian. Mereka memulai hamper sama dengan Indonesia. Tahun 1945, Jepang luluj lantak dibom atom Amerika Serikat. Tahun itu pula Indonesia merdeka. Tapi kini, Jepang jauh mengungguli Indonesia dalam segala aspek.

Korea pun demikian. Sejarah membuktikan, tahun 1970-an, Indonesia, Korean dan Ghana sama-sama negara miskin. Tiga puluh tahun kemudian, Indonesia dan Ghana masih tak beranjak. Tapi Korea telah maju, makmur, dan unggul di semua lini.

Buku ini menawarkan kepada insan Indonesia untuk menjadi manusia unggul dan mampu bersaing di dunia global. Buku ini menawarkan gagasan baru untuk mengembangkan diri yang diramu menjadi manajemen hidup total (MHT). MHT merupakan gagasan komprehensif untuk menyeimbangkan pengembangan karakter, keahlian, professional dan fisik.



PASSWORD MENUJU SUKSES

Penulis             : Sumardi

Penerbit          : Esensi, Jakarta

Cetakan           : Pertama, 2018

Tebal               : viii + 172 halaman


Sumber :Harian Umum Riau Pos

Most Read Articles

esis emir