er Read a Story - Rumah yang Takut disuntik

Read a Story -  Rumah yang Takut disuntik


Saat kecil, saya suka sekali membaca buku yang membuat kita bisa memilih sendiri ceritanya. Setiap pilihan akan membawa kita pada akhir cerita yang berbeda. Beberapa waktu lalu saya secara tidak sengaja melihat buku seri lingkungan sehat ini di toko buku. Ternyata anak-anak bisa memilih sendiri cerita mana yang ingin mereka baca. Dalam buku ini ada dua alur cerita dengan akhir cerita yang berbeda. Jadi si kecil bisa dilibatkan untuk memilih alur cerita yang diinginkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu dihadapkan pada berbagai pilihan. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya, jika memilih A maka akibatnya seperti ini, sementara jika memilih B maka yang terjadi adalah hal ini. Anak perlu dilatih untuk bisa mempertimbangkan keputusan yang mereka buat dengan baik. Membaca buku dengan pilihan alur cerita yang berbeda bisa menjadi salah satu cara mereka berlatih memikirkan apa yang akan terjadi saat mengambil keputusan di antara beberapa pilihan.

Saat ini ada tiga judul yang sudah terbit dalam seri lingkungan sehat ini, yaitu Rumah yang Takut Disuntik, Sekolah Tua di Tengah Kota, dan Rambut Baru Apartemen. Buku-buku ini ditulis oleh Ibu DK Wardhani dan Watiek Ideo, sementara ilustrasinya dikerjakan oleh Daud Nugraha dan Priskilla Irene.

Misalnya dalam cerita Rumah yang Takut Disuntik, rumah merasa sedih karena kayu-kayunya lapuk dan keropos. Para perabot di dalamnya juga merasa kesusahan. Sang pemilik rumah, Tuan Kacamata Bulat, mengundang orang-orang berseragam untuk memeriksa rumahnya. Ternyata mereka memutuskan Rumah perlu disuntik! Bagaimana keputusan Tuan Kacamata Bulat? Apakah dia memutuskan untuk menyuntik Rumah atau tidak?

Selain mengajak anak untuk belajar memilih serta mengenali konsekuensi dari pilihan yang dibuatnya, buku ini juga berusaha mengenalkan konsep lingkungan sehat kepada anak. Misalnya kita bisa belajar tentang manfaat taman atap, bangunan tropis yang sesuai iklim di Indonesia, serta cara mengatasi rayap.

Pada halaman terakhir dari buku ini disisipkan fakta seru yang sesuai dengan tema yang dibahas. Buku terbitan Erlangga for Kids ini setebal 24 halaman ini bisa dibeli dengan harga Rp37.000,-.

Albert sendiri sangat menyukai buku ini karena seru bisa memilih cerita mana yang akan dibacanya terlebih dahulu. Menurut Albert ceritanya juga bagus dan gambarnya keren.

Sumber: theurbanmama.com

Most Read Articles


esis emir