Ide Memberikan Pekerjaan Rumah

BUKU Ini adalah kumpulan ide, yang lahir dari keinginan untuk melibatkan anak-anak dalam PR mereka (atau “belajar di rumah”) dengan cara yang mendukung pembelajaran di kelas dan tidak menghasilkan penilaian tambahan.

 Ide ini beralih dari lembar kerja konvensional ke berbagai saran yang dirancang untuk memperkuat dan memperluas pembelajaran lintas kurikulum.

Bagian 1 ‘Sehat’ terdapat Ide 1 hingga 10.PR berisikan kegiatan yang disarankan untuk rentang waktu satu periode ajar.Rangkaian kegiatan ini merupakan penerapan dari konsep Lima Perilaku Menuju Hidup Sehat Sejahtera (5 Ways Of Wellbeing) yang diusulkan oleh New Economics Foundation di Inggris.Membantu tugas-tugas rumah bermanfaat bagi anak-anak maupun keluarga meruka.Tugas yang sesuai umur anak akan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian, serta membangun kebiasaan bekerja sama di dalam keluarga. Berdiskusi cara untuk mengelola emosi seperti rasa malu atau marah.Serta mendorong anak untuk menyampaikan rasa terimakasih.

Ide 11 hingga 20 dikupas di bagian 2 ‘Literasi’.Tahap awal dalam belajar membaca mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi suara.Mempelajari rima dimulai sejak usia dini, ketika mulai menulis dapat membantu mereka mengeja.Membaca adalah kecakapan hidup yang vital.Mendorong kegemaran membaca pada anak-anak sejak kecil adalah hal yang penting.Metode “Ritsleting Kata”, begitu dipahami bisa digunakan untuk mempelajari dan mengingat ejaan kata apa saja.

Selanjutnya Matematika di bagian 3 mengulas Ide 21 hingga 30.Menulis daftar belanja bertema kepada anak-anak dapat bermanfaat untuk keahlian bahasa dan matematika, serta mengembangkan kecakapan hidup yang mendasar.Menyediakan daftar permainan cepat matematika yang diingat diluar kepala bermanfaat bagi orang tua untuk membantu anak-anak mereka.

Sains dibahas di Bagian 4, ada Ide 31 hingga 40.Permainan seru untuk mempelajari berbagai bagian tubuh.Siswa diajarkan untuk mengetahui tiga jenis wujud materi (padat,cair,dan gas) dalam kehidupan sehari-hari dan membuat terasa”nyata”. Anak-anak berkesempatan untuk mengidentifikasi beragam bahan benda serta mengelompokkannya berdasarkan sifatnya.Mahluk hidup ada di sekitar kita, dan penting bagi anak-anak untuk melihat di luar kelas.

Bagian 5 Topik’ mengupas Ide 41 hingga 50 dan Ide 51 hingga 60 dibahas di bagian 6 “Seni” bagian 7 “Lingkungan” menjabarkan Ide 61 hingga 70.Sebelum anak-anak mulai mempelajari jenis-jenis lingkungan di seluruh dunia, penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman yang kuat atas lingkungan mereka sendiri.

Banyak sekolah mulai mengimplementasikan program sekolah Hijau, yang mendorong perilaku ramah lingkungan dimulai dari lingkungan sekolah dengan prisip 3H (Redike, Reuse, dan Recyle).Proyek untuk mempelajari lingkungan setempat membantu anak-anak guna mempelajari lingkungan mereka dan masyarakat serta dapat memberi tantangan aktivitas PR yang menyenangkan dan menarik.

Teknologi di Bagian 8 membahas Ide 71 hingga 80.Situs 100-u ord challenge memberikan inspirasi ide mingguan berupa gambar, kalimat pendek atau serangkaian kata acak, dan anak-anak bisa menggunakan sampai dengan 100 kata untuk membuat tulisan kreatif.Memahami penggunaan teknologi dan manfaat yang ditawarkannya, serta merenungkan bagaimana kita bisa hidup tanpa teknologi pun, patut diketahui.

Kemudian bagian 9 ‘Wawasan’ berisikan Ide 81 hingga 90 diakhiri Bagian 10 ‘Permainan Pintar’ terdapat Ide 91 hingga 100.

JUDUL: 100 IDE UNTUK GURU SD;PEKERJAAN RUMAH

PENULIS: JENNA LUCAS

PENERBIT: ESENSI

TERBIT: 2019

TEBAL: XIV + 122 HALAMAN

Most Read Articles

esis emir