Awal Munculnya E-book

PDFPrintE-mail

Munculnya e-book berawal dari Ide tentang e-reader yang datang dari Bob Brown. Setelah Bob pertama kali menonton film dengan suara pada tahun 1930-an yang berjudul The Talkies. Dari gagasan film tersebut, ia mempunyai ide untuk menulis sebuah buku yang berjudul The Readies. Dalam bukunya, Brown mengatakan film telah dikalahkan buku dengan menciptakan The Talkies sebagai hasilnya, menurutnya membaca harus menemukan media baru. Meskipun Brown telah menuangkan idenya pada 1930, e-reader pada awalnya tidak semua mengikuti ide dari Brown. Namun, Brown dengan bukunya memprediksi bahwa akan ada media baru dalam membaca dan itu bukan hanya pada buku kertas.


Penulis dari Amerika Michael Stern Hart dikenal sebagai penemu buku elektronik (e-book) dan pendiri Proyek Gutenberg (PG), proyek pertama untuk membuat e-book yang tersedia secara bebas melalui internet. Ia menerbitkan e-books sebelum internet ada melalui ARPANET, jaringan BBS dan server Gopher. E-books pertama (etexts) diketik dalam format teks biasa dan diterbitkan sebagai file teks. Hart mengetik sebagian besar awal e-book miliknya kemudian disebarluaskan oleh relawan.


Saat Hart masih menjadi mahasiswa di University Illinois pada tahun 1970, ia di beri kesempatan untuk mengakses komputer kampusnya. Ketika itu ia berpikir apa yang bisa ia lakukan dengan komputer itu. Pada tahun 2002, Ide tentang e-book kemudian muncul saat Hart berada di sebuah supermarket saat melakukan perjalanan ke berbagai tempat.  Dalam sebuah wawancara Hars mengungkapkan hal itu:


"Kebetulan saya berhenti di IGA, sebuah supermarket lokal. Saat itu kami baru saja merayakan ulang tahun Amerika ke 200 dan banyak salinan dokumen sejarah yang dibagikan pada masyarakat termasuk di supermarket itu yang juga diberikan pada konsumen. Saya tengah mencoba mengambil makanan dari ransel saat saya tanpa sengaja mengambil sebuah dokumen Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Dan saat itu ide untuk membuat e-book muncul."


"Saya berpikir apakah saya bisa melakukan sesuatu dengan komputer, lebih dari sekedar mengetik naskah kemerdekaan. Sesuatu yang bisa bertahan sampai 100 tahun. Dan kemudian lahirlah Project Gutenberg."


Naskah kemerdekaan Amerika adalah dokumen pertama yang dibuat Harts dalam bentuk e-book. Saat ini Project Gutenberg telah menjadi perpustakaan online yang memiliki lebih dari 36 ribu e-book, di luar buku-buku yang memiliki copyright.

Most Read Articles

esis emir