Ketahui Penyebab Virus Corona

PDFPrintE-mail

Novel coronavirus (2019-nCoV) atau virus corona merupakan virus baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus ini bisa menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Berasal dari Wuhan, Tiongkok, kasus virus corona pertama menginfeksi akhir Desember lalu.

Penyebab wabah yang sedang terjadi saat ini sudah dipastikan virus corona. Terdapat dugaan bahwa virus corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia atau yang biasa disebut zoonosis. Namun, kemudian diketahui bahwa virus corona juga dapat menular dari manusia ke manusia.

Seseorang dapat tertular 2019-nCoV melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk pasien yang terinfeksi.
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, setelah menyentuh benda yang terkena cioratan liur pasien yang terinfeksi.
  • Melakukan kontak jarak dekat dengan pasien yang terinfeksi, misalnya bersentuhan atau bejabat tangan.

Virus corona dapat menginfeksi siapa saja, kita harus tetap waspada dan memerhatikan pencegahannya. Namun, jika virus ini terjadi pada orang lanjut usia, orang-orang dengan kondisi gangguan medis yang sebelumnya sudah menderita diabetes dan penyakit jantung, efeknya akan lebih berbahaya dan bisa berakibat fatal. [Gebi]

Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir