Tidak Perlu Cemas, Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Kamu Hadapi Ujian Nasional

PDFPrintE-mail

Sumber: Tryout Akbar Bersama Erlangga 2020

Sumber: Dokumentasi Tryout Akbar Bersama Erlangga 2020

Ujian Nasional merupakan tahap akhir seorang siswa menempuh pendidikan formal. Sudah menjadi tradisi sejak lama ujian nasional dianggap sebagai hal yang menakutkan. Bagaimana tidak, selama tiga tahun, misalnya, saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas  (SMA) hasil kelulusannya ditentukan oleh nilai ujian nasional.

Nah, sebelum menghadapi ujian nasional, perlu adanya persiapan agar dapat mengerjakan soal ujian dengan maksimal. Yuk, simak beberapa tips mempersiapkan diri sebelum menghadapi ujian nasional.

  • Buat jadwal belajar

Mengerjakan soal, membaca, membuat rangkuman, menghafal, merupakan hal biasa yang dilakukan saat belajar. Namun untuk saat ini, coba buat jadwal yang lebih baik dari biasanya. Coba alokasikan waktu yang lebih di mata pelajaran yang kamu anggap sulit, membuat to do list mingguan untuk mencatat apa saja yang harus dikerjakan dalam waktu tertentu, dan yang penting adalah konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, karena jika sesuatu yang dikerjakan dengan terstruktur akan mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Perbanyak latihan soal

Banyak berlatih mengerjakan soal ujian nasional bisa membantu dan mendalami materi pelajaran. Persiapkan setidaknya sepuluh soal untuk dikerjakan dan memeriksa kembali soal-soal yang sudah kamu kerjakan. Misalkan, kamu men-download contoh soal sebanyak-banyaknya dari internet atau membeli buku yang sesuai dengan SKL UN. Dengan begitu, kamu dapat mengukur sampai mana kemampuanmu memahami materi yang sudah kamu pelajari.

  • Belajar kelompok

Hal ini bisa dilakukan ataupun tidak, sesuai kenyamanan masing-masing. Namun, ada kelebihan yang bisa didapatkan dari belajar kelompok seperti, membantu untuk memecahkan soal yang sulit dipahami bersama teman-temanmu.

  • Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang paling penting. Menjelang ujian kamu akan dihadapi dengan banyak kegiatan belajar, entah belajar sendiri, kelompok, maupun kelas tambahan. Jangan sampai ketika menjelang hari H ujian kamu jatuh sakit. Oleh karena itu, jaga pola makan dan tidur yang teratur.

  • Berdoa

Hal yang tidak boleh dilupakan juga adalah berdoa. Sebagai umat beragama sudah sepatutnya kamu berdoa dan meminta pertolongan kepada Yang Kuasa agar diberi kemudahan saat mengerjakan soal ujian nasional. Setelah semua usaha yang sudah dilakukan, biarkan Tuhan yang melakukan sisanya.

Itulah hal-hal yang harus kamu lakukan agar dimudahkan dan sukses dalam menghadapi Ujian Nasional. Jika kamu sudah belajar dan berdoa dengan maksimal, yakinlah hasilnya juga akan memuaskan. Ingat, usaha tidak akan menghianati hasil. Selamat berjuang! [Gebi]

Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir