Organ Pada Tumbuhan

PDFPrintE-mail

Berbagai jaringan pada tumbuhan membentuk sistem jaringan dan beberapa sistem jaringan membentuk organ. Organ pokok pada tumbuhan yang bersifat vegetatif adalah akar, batang, dan daun. Organ pokok tumbuhan yang bersifat generatif adalah bunga. Dalam bagian ini akan diuraikan tentang organ-organ pokok pada tumbuhan yang bersifat vegetatif sebagai berikut:

1. Akar

Semua tumbuhan berpembuluh (vaskular) mempunyai akar. Akar merupkan tempat masuknya air dan mineral dari tanah menuju ke seluruh bagian tumubuhan. Akar juga berfungsi untuk melekatkan dan menopang tubuh tumbuhan agar kokoh. Pada beberapa tumbuhan, akar juga menjadi tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya pada ketela pohon.

2. Batang

Batang merupakan bagian tumbuhan yang berada di permukaan tanah. Batang berfungsi sebagai tempat duduk daun, sarana lintasan air, mineral, dan makanan antar bagian tumbuhan, yaitu antar akar, batang, dan daun. Batang disebut juga sebagai bagian penghasil alat-alat lateral. Selama fase vegetatif atau pertumbuhan, alat lateral yang dihasilkan adalah daun dan tunas, sedangkan selama fase reproduksi, alat lateral yang dihasilkan adalah bunga.

3. Daun

Daun merupakan bagian tumbuhan yangbiasanya berbentuk lampiran pipih dan bewarna hijau. Ada beberapa jenis daun yang berbentuk jarum seperti pada kaktus, atau seperti sisik misalnya pada pinus. Daun berfungai sebagai tempat pembuatan makanan bagi tumbuhan melalui proses fotosintesi.

Most Read Articles

esis emir