Sifat-sifat Magnet

PDFPrintE-mail

Magnet menarik benda benda tertentu. Benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda yang terbuat dari bahan logam tertentu, misalnya besi, baja, nikel, dankobalt. Benda yang dapat ditarik oleh magnet dinamakan benda magnetis. Benda lainnya tidak dapat ditarik oleh magnet karena tidak mengandung salah satu dari bahan logam tersebut. Benda ini dinamakan benda tidak magnetis atau benda nonmagnetis. Contoh benda nonmagnetis adalah kayu, plastik, dan karet.

Gaya magnet dapat menembus benda Nonmagnetis. Gaya tarik magnet masih berpengaruh terhadap benda magnetis di balik penghalang tersebut. Meskipun demikian, jika penghalang itu terlalu tebal, pengaruh magnet akan hilang. Dengan demikian, kekuatan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh ketebalan penghalang antara magnet dan benda magnetis.

Magnet memiliki kutub. Magnet memiliki dua kutub. Jika magnet dapat bergerak bebas, ada satu kutub yang menunjuk ke arah utara. Kutub itu dinamakan kutub utara magnet, biasanya diberi warna merah atau huruf N (north). Kutub yang menunjuk ke arah selatan disebut kutub selatan magnet,  biasanya diberi warna biru atau huruf S (south). Sifat magnet inilah yang menjadi prinsip dasar kompas.


Sumber: Buku Sains SD/MI Kelas VI

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09
Whatsapp. 08191-1500-885
Hotline. 1500-885




esis emir