BLUE GREY RED

      

Error
  • There is no category chosen or category doesn't contain any items

Peringati Hari Guru Nasional, Penerbit Erlangga Gelar Giat Literasi di Kulon Progo

PDFPrintE-mail

 Peringati Hari Guru Nasional, Penerbit Erlangga Gelar Giat Literasi di Kulon Progo

Foto: Penerbit Erlangga

 

KULON Progo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ibu kotanya adalah Wates. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara.

Nama Kulon Progo berarti sebelah barat Sungai Progo (kata kulon dalam Bahasa Jawa artinya barat). Kali Progo membatasi kabupaten ini di sebelah timur.

Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, nilai Tingkat Kegemaran Membaca Kabupaten Kulon Progo pada Tahun 2022 adalah 49,71 atau masuk kategori sedang.

Nilai tersebut jika dibandingkan dengan tahun 2021 terdapat peningkatan sebesar 5,20 dari 44.51.

Untuk itu, sebagai apresiasi atas peningkatan minat baca masyarakat Kabupaten Kulon Progo tersebut.  Penerbit Erlangga dan Solidaritas Erlangga (SOGA) mengunjungi Kulon Progo untuk melaksanakan kegiatan Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara bersama anak-anak Dusun III Garongan, Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Kegiatan diadakan di Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Literasi Nasyiah dengan tema “Gemar Membaca: Bikin Anak Jadi Jempolan!” sekaligus meriahkan Hari Guru Nasional 2023

TBM Rumah Literasi Nasyiah diluncurkan pada 20 Mei 2018. Hingga saat ini, banyak program yang telah dilaksanakan di TBM Rumah Literasi Nasyiah, antara lain program pemberdayaan perempuan berupa pelatihan–pelatihan yang sesuai dengan potensi dan  kebutuhan warga setempat, pertunjukan seni peran, dan lainnya. 

Sementara itu, Erlangga Giat Literasi di Kulon Progo ini adalah lokasi yang ke-8, setelah sebelumnya diselenggarakan di Bantar Gebang (Bekasi), Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Garut (Jawa Barat), Ciamis (Jawa Barat), Gowa (Sulawesi Selatan), dan Rembang (Jawa Tengah), Trenggalek (Jawa Timur). 

Dalam sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Kulon Progo, Duana Heru Supriyanta mengatakan kegiatan ini sangat bagus, Ia berpesan agar para orang tua mendampingi anak-anaknya untuk membaca dan mengurangi bermain gawai.

“Dengan membaca dan menulis dapat meningkatkan intelegensi dan motorik anak, jadi mari kita jauhkan gawai dahulu untuk usia sekarang ini (TK dan SD),” paparnya.

Sementara itu, Sapriadi Syamsuddin, Kepala Cabang Penerbit Erlangga Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Desa Garongan, Panjatan, Kulon Progo serta semua pihak yang terlibat karena telah menerima tim Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara untuk melaksanaan kegiatan literasi sekaligus memeriahkan hari Guru Nasional 2023. 

Acara ini diikuti oleh 110 peserta siswa KB, TK dan SDN Garongan. Erlangga Giat Literasi memuat acara mulai dari kegiatan mendongeng oleh Kak Bimo, lomba mewarnai, penampilan seni dan budaya, dan kegiatan penanaman pohon di area TBM. 

Penanaman pohon dipimpin langsung oleh Sapriadi dan disaksikan oleh semua tamu undangan. “Harapannya semoga pohon ini tumbuh subur, dan menjadi saksi bahwa kami pernah menebarkan kegiatan literasi di Garongan ini,” ucap Sapriadi.

Acara Erlangga Giat Literasi di Kulon Progo berlangsung sukses. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak seperti Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kulon Progo, Tim Penggerak PKK Kulon Progo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulun Progo, dan pihak sekolah, serta masyarakat setempat. 

Di wawancara terpisah, Irving William P.W. Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga mengatakan Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara menjadi bagian dari kontribusi Erlangga dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni dalam upaya menumbuhkan minat baca anak dan mutu pendidikan Indonesia.

Irving mengatakan Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara menyasar pada sekolah-sekolah, taman baca masyarakat, komunitas literasi yang berada di daerah pelosok di Indonesia. “Pesan yang ingin kami gaungkan adalah mari bersama kita mulai menanamkan literasi sejak usia dini, karena di tangan anak-anak inilah Indonesia akan  bertumpu,” ucapnya.







Sumber: Media Indonesia

Most Read Articles

emir