BLUE GREY RED

      

Error
  • There is no category chosen or category doesn't contain any items

Buku 'Duwit Plan' Tentang Pengelolaan Keuangan Pribadi Diluncurkan

PDFPrintE-mail

 Buku 'Duwit Plan' Tentang Pengelolaan Keuangan Pribadi Diluncurkan

PADA Jumat (29/9/2023) di panggung utama ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023, Hall 1 ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Esensi Imprint Penerbit Erlangga menyelenggarakan acara Peluncuran Buku "Duwit Plan".

Selain itu, digelar pula Talkshow bertajuk "Ready Kak Silahkan Diorder Disorder-Mengatasi Ketagihan Belanja Online yang Menggerus Tabungan: Atur Duit Enggak Mesti Rumit”. 

Acara peluncuran buku ini diawali dengan talkshow dengan narasumber di antaranya Rizki Marman Saputra, CFP CSA CIB (Penulis Berkompetensi, Praktisi Profesional Bersertifikasi Internasional), Aida Ahmad (Co-Writer), Dennis Adishwara (Actor, New Tech Enthusiast, Gamer), dan dimoderatori oleh Kamaratih Kusuma (Presenter TV Nasional), serta dihadiri oleh pelajar SMA.

Sementara itu, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa SMA tentang tantangan dari ketagihan belanja online dan dampaknya terhadap keuangan pribadi.

Talkshow juga memberikan strategi dan alat praktis bagi siswa untuk mengatasi ketagihan belanja online dan mendapatkan kembali kendali atas keuangan mereka, serta mendorong kebiasaan belanja online yang bertanggung jawab dan keterampilan perencanaan anggaran.

Disarankan Berinvestasi Sedini Mungkin

Dalam talkshow ini, Rizki  menyarankan untuk mulai berinvestasi sedini mungkin dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, “Bisa mulai berinvestasi dengan cara menabung, deposito, dan produk konvensional lainnya, jangan malu bertanya kepada mereka yang berpengalaman atau belajar dari buku,” papar Rizki. 

Puncak acara peluncuran ditandai dengan penandatanganan di atas Replika Cover Buku Duwit Plan oleh Rizki Marman Saputra, Aida Ahmad, Dennis Adishwara, serta Manajemen Penerbit Erlangga. Dalam buku Duwit Plan memuat pemahaman pengelolaan keuangan pribadi dengan pendekatan Personal.

Buku ini dimulai dengan sajian pemahaman personal tentang pengelolaan keuangan. Pembaca akan diajak untuk merenungkan situasi keuangan masing-masing dengan pendekatan kuis kepribadian keuangan yang unik dan sesuai dengan kebutuhan individu. Konsep pengelolaan keuangan pribadi akan dipaparkan secara sederhana, memungkinkan pembaca dari berbagai latar belakang untuk dengan mudah memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya fokus pada aspek angka dan perhitungan, tetapi juga buku menggali nilai-nilai, tujuan hidup, dan sikap pribadi terhadap uang yang mendalam.

Buku berisi materi pengelolaan keuangan holistik dari anggaran hingga investasi. Dengan bahasan yang komprehensif, pembaca akan dipandu untuk menyusun anggaran bulanan yang sesuai dengan pendapatan dan kebutuhan, hingga strategi pengelolaan investasi yang cerdas dan berdaya guna.

Pemahaman tentang berbagai instrumen investasi, mulai dari saham, obligasi, hingga properti, akan dibahas secara mendalam. Selain itu, materi juga akan mencakup cara mengelola risiko investasi dan memaksimalkan keuntungan jangka panjang. Pendekatan ini akan membantu pembaca untuk mengelola keuangan secara terencana dan efisien dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Buku juga membahasa secara santai tentang instrumen investasi dan usaha. Bahasan investasi selalu terkesan rumit dan memusingkan.

Dengan pendekatan yang santai namun informatif, pembaca akan diajak untuk memahami konsep-konsep dasar investasi dan cara memilih instrumen yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan mereka. Selain itu, buku ini akan memberikan wawasan tentang peluang usaha yang dapat dijajaki untuk meningkatkan pendapatan dan mencapai kebebasan finansial.


Sumber: Media Indonesia

Most Read Articles

emir