BLUE GREY RED

      

Psikologi dalam Kehidupan Kerja

Aktifitas kerja merupakan salah satu kegiatan manusia yang dilakukan sendiri atau dalam kelompok. Salah satu tujuan individu bekerja adalah memenuhi kebutuhan hidup, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarga atau komunitas sebagai kelompok yang menjadi kesatuan organisasi dalam kehidupannya.


Kemampuan individu berelasi dengan individu lain dan kelompok sangat diperlukan dalam dunia kerja karena tenaga kerja berada dalam lingkup keanekaragaman (diversitiy) dalam lingkungan kerja.

Kehidupan dalam lingkungan kerja kadang dapat memberikan kebermaknaan dalam diri individu dan kadang dapat pula meberikan kondisi yang menghambat pengembangan dirinya. Hambatan kerja dapat berasal dari diri sendiri dan dapat disebabkan pula oleh perubahan dalam organisasi kerja.

Dinamika dalam kehidupan kerja perlu dilakukan karena organisasi kerja perlu mengikuti perubahan dan pengembangan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat. Proses perubahan tidak selalu terjadi selalu terjadi dengan lancar dan tidak mudah dapat dilakukan oleh semua pihak yang berkepentingan.

Beberapa faktor, yang meliputi baik faktor manusia maupun faktor sarana pendukungnya, perlu dipahami, dipertimbangkan, dan disiapkan dengan cermat.

Kajian psikologi kerja dalam uraian buku ini lebih difokuskan pada tahapan dalam proses kerja individu, mulai dari proses rekrutmen, seleksi, penempatan sampai dengan proses evaluasi kinerja dan tindak lanjutnya berupa pembinaan sumber daya manusia.

Tenaga kerja dalam organisasi kerja pada bidang apapun merupakan investasi jasa yang sangat bermakna dan bernilai bagi pengembangan organisasi kerja di masa mendatang.

Hasil kerja dan inovasi dari para tenaga kerja sangat menentukan keberhasilan dan efektivitas  pencapaian visi setiap organisasi kerja. Karena itu, pandangan visioner dari pemimpin tidak mungkin terwujud secara nyata apabila tidak didukung oleh kompetensi dan kualitas kerja anggota dalam organisasi.

Kajian Psikologi Organisasi dapat ditinjau dari perspektif individual, kelompok, dan organisasi sebagai sistem. Pembahasan dalam buku ini menguraikan aspek-aspek yang berasal dari diri individu yang bekerja sebagai tinjauan perspektif individual. Selain itu, kajian Psikologi Organisai diuraikan pula dari perspektif kelompok dan perspektif organisasi secara umum.

Berdasarkan perspektif individu, individu akan bermakna bagi pengembangan organisasi kerja bila memiliki komitmen kerja, kualitas kehidupan kerja, motivitasi kerja, kepuasan kerja, dan menunjukkan perilaku produktif dalam organisasi kerja.

Aspek-aspek individual tersebut diuraikan dalam buku ini dengan dilengkapi beberapa hasil penitian. Tinjauan kelompok diuraikan dalam pembahasan mengenal kepemimpinan dalam organisasi kerja dan interaksi dalam kelompok.

Tinjauan organisasi diuraikan dalam organisasi kerja dan interaksi dalam kelompok. Tinjauan organisasi diuraikan dalam pembahasan menganai iklim dan budaya organisasi, serta pengembangan dan intervensi organisasi.

Uraian setiap bab dari buku ini diawali dengan tujuan sebagai sasaran ketercapaian pemahaman dan diakhiri dengan rangkuman sebagai sasaran ketercapaian pemahaman dan diakhiri dengan rangkuman sebagai intisari tiap bab, beberapa pertanyaan diskusi untuk memperdalam materi, dan kerangka pemikiran yang disajikan berupa ikhtisar. Kelebihan dari buku ini adalah adanya pembahasan mengenai berbagai aplikasi riset yang telah dilakukan pada topik-topik kajian psikologi organisai.

Judul : Psikologi Kerja dan Organisai

Penulis: Prof. Dr. Laura F.N. Sudarnoto

Sumber: Harian Fajar

Most Read Articles

emir