BLUE GREY RED

      

Untuk Siswa

Materi BelajarSumber BelajarE-ForumTanya PakarSoal LatihanSDSMPSMASDSMPSMA

Tahukah Kamu 3 Kerajan Hindu Tertua di Nusantara ?

PDFPrintE-mail

Tahukah Kamu?

Ada banyak kerajaan yang menguasai wilayah Nusantara, diatara lain adalah kerajaan bercorak Hindu. Berikut ini adalah tiga kerajaan Hindu tertua di Nusantara :

  • Kerajaan Kutai

Berdiri pada abad ke-5 M, Kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di Nusantara dan sebagian besar rakyatnya memeluk agama Hindu. Hal ini terlihat dari tujuh prasasti peninggalan KerajaannKutai yang berbentuk yupa. Raja Kutai yang pertama adalah Kudungga, sedangkan raja yang paling terkenal adalah Mulawarman.

  • Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Jayasingha Warman. Kerajaan yang berdiri pada abad ke-5 M ini terletak di Jawa Barat. Rajanya yang terkenal adalah Raja Purnawarman. Pada masa pemerintahannya, Tarumanegara mencapai puncak kejayaan dan rakyat Tarumanegara berhasil membuat saluran air yang diberi nama Terusan Gomati. Berkat saluran ini dan pemeliharaan aliran sungai lainnya, sektor pertanian di Kerajaan Tarumanegara menjadi semakin maju.

  • Kerajaan Kalingga

Berdiri pada abad ke-6 M dan terletak di Jawa Tengah, sekitar Kabupaten Pekalongan dan Jepara sekarang. Kerajaan ini mencapai kejayaannya di bawah pimpinan Ratu Shima, yang terkenal  menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kebenaran. Mata pencarian penduduknya adalah bertani dan berdagang.


Sumber : Buku RPUL Indonesia & Dunia

Most Read Articles

emir


pkv games dominoqq bandarqq https://117.18.0.18/ https://202.95.10.186/
http://sjredcliffs.catholic.edu.au/