Erlangga Group Dukung Pengembangan Vaksin Covid-19

Penyerahan bantuan oleh tim Penerbit Erlangga kepada Universitas Airlangga

JAKARTA–Jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Data per 8 April 2020 menunjukkan 2,956 orang positif terjangkit Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menahan laju pertumbuhannya, termasuk upaya pencegahan dan perawatan hingga pengembangan vaksin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan lebih dari 70 negara bergabung dengan mereka untuk uji coba penelitian perawatan efektif serta 20 lembaga untuk mengembangkan vaksin Covid-19, tak terkecuali lembaga penelitian di Indonesia. Untuk itu, Penerbit Erlangga menyalurkan bantuan kepada Univeristas Airlangga (UNAIR), Surabaya dan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam rangka mendukung kampus mengembangkan vaksin Covid-19.

Rikki L. Tobing selaku Assistant Managing Director Penerbit Erlangga mengatakan pihaknya telah menyerahkan bantuan berupa uang dengan nominal Rp 80 juta. “Donasi tersebut diserahkan oleh Kepala Cabang Penerbit Erlangga Surabaya, Subekti dan diterima oleh Kepala Sub Bagian Penelitian, Ibu Nia, yang mewakili Satuan Tugas Penelitian Covid-19 Unair. Sedangkan donasi untuk Lembaga Penelitian Virus dan Penyakit Menular Fakultas Kedokteran USU diserahkan oleh Kepala Cabang Erlangga Medan, Tagon Gurning dan diterima oleh Ketua Lembaga Penilitian USU, Dr. Restuti S.,” jelasnya.

“Keduanya tentu saja menyambut baik, berterima kasih, dan bersyukur atas bantuan yang diberikan. Kami pun berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka,” sambungnya lagi.

Ia juga menambahkan bantuan ini tidak hanya ditujukan untuk kedua kampus tersebut, namun juga untuk kampus atau lembaga lain yang melakukan penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19, “Pasti akan dibantu, harapan kami vaksin Covid-19 ini dapat segera ditemukan, agar keadaan bangsa dan negara bisa kembali normal sehingga proses pembangunan bisa berlanjut, dan perekonomian rakyat bisa kembali berjalan,” paparnya.

Selain itu, Erlangga Group juga menyerahkan sumbangan kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) guna membantu tenaga kesehatannya dalam merawat dan mengobati pasien Covid-19 sebesar Rp 50 juta.

Lebih jauh lagi, hingga 8 April 2020 lalu, Erlangga juga telah memberikan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan di rumah sakit.  “Selain APD kami juga memberikan, vitamin, susu, dan snack sehat, sehingga daya tahan tubuh mereka juga tetap terjaga. Donasi kami salurkan ke 16 rumah sakit rujukan di Jabodetabek,” tambah Riki.

Sebelumnya, sebagai upaya dalam menghadapi pandemi Covid-19, Penerbit Erlangga telah melakukan sejumlah kegiatan baik yang diperuntukkan bagi pihak internal maupun eksternal. Upaya tersebut tercermin dalam program pengecekan suhu tubuh karyawan secara berkala, menyediakan masker dan hand-sanitizer di sejumlah titik ruangan kantor, menerapkan mekanisme work from home (kerja dari rumah), hingga pemberian bantuan berupa alat dan fasilitasi penyemprotan disinfektan ke sejumlah sekolah dan rumah warga, serta membantu menggaungkan himbauan dan kebijakan pemerintah tentang informasi Covid-19 (dos dan don’ts) melalui media daring dan luring.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan, Erlangga berkomitmen untuk mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yang aktif dan menyenangkan. Dukungan ini diwujudkan bagi guru, siswa dan orang tua dengan menyelenggarakan kegiatan program pendampingan guru mengajar online, penyediaan alat bantu belajar jarak jauh (donasi mikrofon untuk guru), lomba guru online, kelas parenting online, hingga penyelenggaraan webminar  untuk jenjang perguruan tinggi.

Menanggapi kejadian luar biasa ini Penerbit Erlangga mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tetap bersatu melawan Covid-19 dengan prinsip, “Indonesia Pasti Bisa, Semangat!!”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *