Peserta Terjauh dari Bulungan Erlangga Talent Week 2019

PDFPrintE-mail

PROKAL.CO, JAKARTA. Setelah sukses terselenggara di 2018 lalu, Erlangga Talent Week (ETW) 2019 kembali hadir. Event ini menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum.

Berbeda dengan tahun lalu, ETW tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Road to ETW pada 1-4 Oktober di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan acara puncak ETW 2019 akan berlangsung pada 5-6 Oktober di Ciputra Artpreneur Theater. Dalam event ini, Penerbit Erlangga berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni Solidaritas Erlangga (SOGA).

Ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam ETW 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/SMK, serta perguruan tinggi. Hampir 15 ribu siswa dan mahasiswa secara nasional telah mendaftar di Road to ETW ini. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di ETW 2019.

Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga, Arief Subahagiyo menyatakan, generasi Z saat ini dihadapkan banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun membutuhkan arahan yang sesuai. Pada kenyataannya, generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya.

"Di sini kami ingin membuka kesempatan dan wadah itu yakni melalui penyelenggaraan Erlangga Talent Week,” ujarnya pada Press Conference ETW di panggung utama Road to ETW, Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Karet-Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/10).
Menurutnya, anak generasi Z sangat identik dengan akses internet (media sosial) yang tinggi, akses informasi yang sangat mudah dan cepat, sehingga mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki.

Ia menambahkan, dengan mengikuti event ini diharapkan dapat melatih disiplin, fokus, dan konsentrasi generasi Z. ETW juga merupakan ajang untuk melatih mental dan belajar untuk fokus pada tujuan dan konsistensi.  Melalui event ini diharapkan mereka mengalahkan ego saat berjuang, dan bisa belajar dari kegagalan. Selain itu, ETW diharapkan dapat membantu para generasi Z untuk fokus dalam mengembangkan minat mereka dan memotivasi diri sendiri.

Arief menambahkan dalam kegiatan ETW 2019, Penerbit Erlangga khusus berkolaborasi dengan Solidaritas Erlangga (SOGA), sebuah wadah CSR dari Penerbit Erlangga. Kolaborasi ini merupakan wujud cita-cita perusahaan agar tidak hanya menerbitkan buku-buku yang berkualitas melainkan juga ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia baik di bidang olah raga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial.

“Erlangga Talent Week telah memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, di antaranya semakin luasnya jaringan rekanan Erlangga, serta munculnya para duta bakat dari para finalis dan pemenang lomba ETW 2018 yang menjadi duta bakat kami," tuturnya.

Ia menjelaskan tahun ini, ETW memfokuskan pada peningkatan jumlah partisipan baik lomba, sponsor, maupun media partner. “Kami ingin peserta lomba ini berasal dari setiap pelosok Indonesia. Di 2019 peserta lomba terjauh dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Kami sangat mengapresiasi dan berharap tahun depan akan menjangkau lebih jauh lagi hingga ke pelosok tanah air," paparnya.
Selain itu, untuk menambah wawasan masyarakat, terutama siswa, guru, dan orangtua, di ETW 2019 akan diadakan acara seminar Menjadi Remaja Berprestasi dan Berkarakter Tangguh, Sabtu (5/10).

 

ETW 2019 merupakan penyelenggaraan kali ketujuh sejak 2009. Event ini dirangkai pula dengan berbagai macam acara menarik yaitu perlombaan (speech contest, traditional dance, modern choir, dan battle of the band), seminar dan talkshow bersama pakar dan selebritas, pameran buku dan alat tulis, dan acara hiburan.

 

Untuk menambah kenyamanan bagi para pengunjung, dalam event ini disediakan food court, photo booth, toilet eksklusif, dan para petugas yang akan membantu memberikan informasi dan mengarahkan pengunjung. Adapun perwakilan dari Penerbit Erlangga Samarinda dalam grand final ETW 2019 di Jakarta diantaranya Anaura dari SD Fastabiqul Khairat Samarinda, Faid dari MTs Negeri Model Samarinda, Fayza dari SMA Negeri 1 Samarinda dan Zaky dari SMK Tridaya Pratama Bulungan Kalimantan Utara. (adv/nch/nin)

Sumber: samarinda.prokal.co

Most Read Articles

esis emir