Ketahui Cara Kirim Naskah ke Penerbit Erlangga di Erlangga Talent Week 2019

PDFPrintE-mail

Assalamualaikum. Siapa yang berminat menerbitkan buku? Salah satu penerbit yang membuka peluang untuk menerbitkan buku kita adalah Penerbit Erlangga. Hayo, siapa yang belum kenal? Pasti sudah kenal semua ya, karena buku pelajaran anak-anak juga banyak yang diterbitkan oleh Erlangga.

Erlangga Talent Week 2019
Dulu, saya sering mendapatkan pertanyaan bagaimana cara kirim naskah ke penerbit? Agar naskah tak mubajir, kita memang harus ketahui dulu cara kirim naskah ke penerbit. Kalau asal kirim, bisa-bisa naskah kita langsung dibuang ke tempat sampah. Padahal, masih banyak lho penerbit yang meminta dikirimi naskah hardcopy (dalam bentuk printout). Bayangkan ya, modal untuk mengirim naskah hardcopy itu tak sedikit.
Belajar dari pengalaman saya dulu ketika baru merintis menjadi penulis. Saya pun asal kirim saja ke alamat-alamat penerbit yang saya ketahui dari buku-buku terbitan mereka. Satu per satu naskah saya ditolak, karena tak sesuai dengan keinginan mereka. Naskah pertama saya berhasil diterbitkan setelah menang lomba novel. Itu karena penerbit yang bersangkutan memang sedang membutuhkan naskah dan naskah saya cocok. Sejak itu, saya mengirim naskah ke penerbit yang memang sedang membutuhkan naskah.
Kisah yang agak mirip seperti pengalaman saya di atas juga diceritakan oleh Achi TM, penulis buku dan skenario yang menjadi pembicara di workshop "Menulis Asyik" hari Sabtu, 5 Oktober 2019 di booth Eureka Bookhouse Ciputra ArtPreneur Theater Lantai 12 dalam gelaran Erlangga Talent Week 2019.
Workshop Achi TM
Bagaimana cara untuk mengetahui apakah penerbit itu sedang membutuhkan naskah atau tidak? Salah satunya dengan datang ke bursa naskah, seperti yang ada di Erlangga Talent Week 2019  yang diadakan tanggal 5-6 Oktober 2019 di Lotte Shopping Avenue. Tahun lalu, Penerbit Erlangga juga sukses mengadakan event yang sama.
Bursa Naskah Penerbit Erlangga
ETW 2019 ini tak hanya memberi kesempatan untuk menerbitkan buku di Erlangga, tapi juga menunjukkan bakat-bakatmu yang lain seperti English Speech Contest, Modern Choir, Traditional Dance, dan Battle of the Band. Pesertanya anak sekolah dari SD sampai Perguruan Tinggi. Tercatat ada 15 ribuan siswa yang mendaftar. Wow, pantas saja saat saya ke saja, dipadati oleh para siswa yang siap bertanding.
ETW ini rupanya menjadi bagian dari kegiatan CSR Penerbit Erlangga agar tidak hanya menerbitkan buku berkualitas tapi juga mengembangkan bakat dan kreativitas siswa di bidang olahraga, seni, lingkungan hidup, dan sosial. Di acara ETW ini juga ada seminar dan talkshow, pameran buku dan alat tulis, dan acara hiburan yang menampilkan Rizki Fabian dan Barasuara.
Pameran Buku
Rupanya, Penerbit Erlangga sudah tujuh kali mengadakan ETW, dimulai tahun 2009. Semoga tahun depan juga diadakan lagi ya. Siap-siap nih buat yang punya naskah dengan kategori: buku pelajaran, cerita anak, kreasi, kumpulan resep, fiksi, manajemen populer, parenting, panduan ibadah Islam, referensi nonfiksi remaja, dan referensi nonfiksi pendidikan. Bawa naskah ke bursa naskah Erlangga Talent Week dalam bentuk hardcopy untuk dikonsultasikan dan diserahkan langsung ke Penerbit Erlangga.
Achi TM sebagai penulis sukses yang beberapa novelnya juga sudah difilmkan, memberikan semangat kepada para penulis muda yang hadir di workshopnya agar tidak pantang menyerah mengirim naskah ke penerbit. Sebelum mengirim naskah, cari tahu dulu apakah penerbit itu sedang membutuhkan naskah dan naskah seperti apa yang dibutuhkan? Caranya bisa dengan menelepon ke kantor penerbit, seperti yang dilakukan Achi.
Walaupun sudah menerbitkan banyak buku, naskah Achi bukan berarti selalu lolos seleksi penerbit. Ada kalanya ditolak, tapi itu tidak membuatnya menyerah. Salah satu penerbit yang telah menerbitkan buku Achi TM adalah penerbit Erlangga. Nah, penasaran bagaimana cara kirim naskah ke penerbit Erlangga?

Sesuaikan tema naskah seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kemudian naskah bisa dikirim berupa: naskah utuh, sinopsis, portfolio, dan CV dalam bentuk printout (dijilid rapi) atau PDF (softcopy) ke:

Departemen Editorial Penerbit Erlangga
Jl H. Baping No 100, Ciracas, Jakarta Timur 13740
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it / This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Narahubung: Regina Sari Theresa (081212337668)

Sumber: leylahana.com

Most Read Articles

esis emir