Dear Orang Tua, Ini 3 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Si Kecil

PDFPrintE-mail

Dear Orang Tua, Ini 3 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Si Kecil

TABLOIDBINTANG.COM - Anak lahir tidak langsung bisa fasih berbahasa Inggris. Minat dan bakat anak harus ditemukan.

Agar dapat ditemukan, orang tua harus membantu mencari. Hal itu disampaikan psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi, dalam sesi gelar wicara Erlangga Talent Week 2019 di Ciputra World Jakarta, belum lama ini. Vera menjelaskan bahwa menemukan bakat adalah proses atau perjalanan. Orang tua tidak bisa memaksakan atau memberi vitamin tertentu agar bakat buah hati mereka seketika tercermin.

Vera mengimbau orang tua mengobservasi kegiatan anak dari hari ke hari dan membuat sejumlah catatan. Selain itu memberikan seluas-luasnya pemaparan dan pilihan bagi si kecil. Biarkan anak mencoba banyak hal positif, tugas orang tua memperhatikan si kecil paling tertarik di bagian mana. “Yang namanya bakat ada tiga indikatornya. Pertama, anak tidak lelah atau bosan melakukan dan membicarakannya. Saat mengantuk pun, matanya akan kembali berbinar lagi ketika membahas sebuah kegiatan,” Vera menjelaskan.

Kedua, saat melakukan suatu aktivitas hasilnya di atas rata-rata anak seusianya. Saat menggambar misalnya, gambarnya lebih detail, warnanya lebih kaya daripada anak lain seusianya. “Ketiga, ketika anak diajari sebuah aktivitas ia lebih mudah dan cepat menguasai dari anak-anak lain.  Bakat itu bentuknya macam-macam, tidak melulu soal kecerdasan matematika atau bahasa Inggris. Ada yang bakat memasak, memperbaiki peranti elektronik, dan lain-lain,” ulasnya. Orang tua patut memberi ruang gerak leluasa bagi buah hati mereka untuk mencoba.

Erlangga Talent Week (ETW) 2019 sendiri memberi kesempatan kepada anak dan remaja untuk unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku beragam tema untuk umum. ETW tahun ini terdiri dari Road to ETW (1-4 Oktober 2019) di Main Atrium Lotte Shopping Avenue Jakarta dan puncak Erlangga Talent Week (5-6 Oktober 2019) di Ciputra Artpreneur Theater. Dalam event ini, Erlangga berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni Solidaritas Erlangga.

Erlangga Talent Week 2019 juga menggelar English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/SMK, dan Battle of The Band tingkat SMA/SMK, serta Perguruan Tinggi.

Sumber: tabloidbintang.com

Most Read Articles

esis emir