Kampanye Read a Story untuk Menumbuhkan Minat Baca

PDFPrintE-mail

Menumbuhkan minat baca anak untuk membaca membutuhkan proses. Namun yang paling utama dari proses tersebut adalah bagaimana membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan. Membacakan cerita dengan cara yang menarik adalah pijakan awal untuk memupuk minat baca anak. Namun, saat ini kesadaran orangtua akan pentingnya membacakan cerita masih sangat minim. Mayoritas anak Indonesia pun belum dibesarkan dengan membaca buku bersama orang tua.

Beranjak dari keinginan untuk membudayakan kultur membaca pada anak-anak Indonesia, Penerbit Erlangga bersama brand Erlangga For Kids meluncurkan program Read a Story, mengajak semua elemen masyarkat untuk mengembalikan budaya membacakan cerita sebagai landasan dini bagi putra-putrinya. Kampanye Read a Story terdiri 4 program besar, yaitu pembagian mini booklet, workshop dan seminar, kontes, dan roadshow.

Suasana
RAS
Jogja








Mini booklet Read a Story di bagikan di pusat-pusat perbelanjaan, sekolah-sekolah, toko buku dan di acara-acara seminar ibu dan anak. Selain pembagian mini booklet, program kampanye read a Story juga dilakukan lewat workshop dan seminar dengan target peserta guru TK, SD, dan orang tua siswa. Program besar lainnya adalah dengan diadakannya kontes Read a Story. Program ini dimulai dengan memberikan kesempatan bagi para guru dan orang tua untuk mengirimkan rekaman video mereka pada saat membacakan cerita. Dari 917 peserta, panitia cukup selektif memilih hingga muncullah 20 semifinalis yang bertanding di depan dewan juri pada Semifinal Read a Story di Mal Pejaten Village tanggal 1 Juni 2009. Dari 20 semifinalis, juri akhirnya memilih 10 terbaik yang masuk dalam Final Read a Story.

Sepuluh finalis yang terpilih menunjukkan kebolehannya dengan mendongeng di hadapan dewan juri, di depan anak-anak dan pengunjung Erlangga Fair 2009, dalam acara Grand Final Read a Story pada tanggal 4 Juni 2009 di Mal Pejaten Village. Acara yang diselenggarakan oleh Erlangga For Kids telah berlangsung dengan sukses dan meriah. Dari 10 finalis, akhirnya terpilihlah 3 pemenang utama, yaitu Ryan Shahrezane – Jakarta (Juara I), Kartikanita – Surabaya (Juara II), dan Iim Hilman – Yogyakarta (juara III). Mereka menjadi Duta Read a Story 2009/2010. Juri lomba ini terdiri dari Kak Seto (pemerhati anak & pendongeng), Kak Mia (Pendongeng Erlangga for Kids) dan Bu Riesniawati (perwakilan media).

Kampanye Read a Story tidak hanya terhenti sampai terpilihnya Duta Read a Story. Program Read a Story selanjutnya adalah roadshow. Duta Read a Story akan roadshow ke berbagai daerah di Indonesia untuk mensosialisasikan 12 manfaat Read a Story. Roadshow telah dilaksanakan di Pontianak, tanggal 14 Juli 2009 dalam rangka Dongeng.

Hari Anak Nasional, di Yogyakarta tanggal 16 Juli 2009 dalam rangka Fasilitasi Anak Yatim di rumah dinas bupati Bantul dan di Jakarta diadakan di 3 temapat (Bekasi Square tanggal 23 Juli 2009, Pejaten Village tanggal 22 Juli 2009, dan Bellagio Mall tanggal 26 Juli 2009). Acara yang diselenggarakan antara lain Kampanye 12 manfaat Read a Story, dan membaca cerita bersama Duta Read a Story, yaitu Ryan Shahrezade (di Pontianak & Jakarta) dan Iim Hilman (di Yogyakarta). Di Pontianak, acara yang dihadiri lebih dari 200 anak sangat meriah dan Kak Ryan langsung dikerumuni anak-anak selepas mendongeng. Sedangkan di Jogja, acara dihadiri oleh 150 anak yatim. Setelah mendengarkan cerita, anak-anak makan malam bersama dan ditutup dengan donasi buku dan pembagian bingkisan oleh Erlangga for Kids, sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan anak-anak yatim piatu dan kurang mampu. Di Jakarta, Duta Read a Story menghibur anak-anak dalam rangka hari Anak Nasional di Bekasi Square yg dihadiri 2000 anak, di Pejaten Village dan di Bellagio Mall.

Suasana
Read A Story
Bekasi










Roadshow Read a Story tidak terhenti di 3 kota saja. Duta Read a Story akan menyapa anak-anak yang ada di daerah-daerah lainnya di Indonesia seperti Medan, Semarang, dan Surabaya. Roadshow Duta Read a Story (RaS),  juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk Program CSR Erlangga kepada masyarakat.  Program kampanye bersama Duta  RaS selanjutnya ingin lebih fokus untuk menyasar  kalangan masyarakat yang kurang beruntung, seperti anak-anak di pedesaan, anak-anak di panti asuhan, dan anak-anak korban bencana. Jadi, nantikan cerita perjalanan Duta Read a Story berikutnya. Teruslah dukung kampanye Read a Story dan jadikan anak-anak Indonesia cinta membaca! (Cupi)

RAS
Pontianak









12 Manfaat Read a Story:

01. Meningkatkan kemampuan berbahasa
02. Meningkatkan kemampuan mendengar
03. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara verbal
04. Meningkatkan kemampuan konseptual
05. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
06. Menambah daya imajinasi dan kreativitas
07. Meningkatkan kecerdasan emosi
08. Meningkatkan nilai moral
09. Menambah wawasan
10. Menambah pengetahuan dan ragam budaya
11. Mendapatkan relaksasi jiwa dan raga
12. Meningkatkan keakraban emosi antar orang tua dan anak.

Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir