Jakarta (22 Mei 2007) THE STARBUCKS EXPERIENCE

PDFPrintE-mail

 


Rahasia Bisnis di Balik Secangkir Kopi
THE STARBUCKS EXPERIENCE

 
 
 

  Jakarta – Setelah sukses meluncurkan buku-buku manajemen populer, seperti The Toyota Way dan The Disney Way, ESENSI sebuah divisi penerbitan dari Penerbit Erlangga kembali meluncurkan buku yang bercerita mengenai pengalaman sukses dari sebuah brand ternama dunia berjudul: THE STARBUCKS EXPERIENCE.

 
 
The Starbucks Experience ditulis oleh Dr. Joseph A. Michelli seorang psikolog organisasi yang mengabdikan karirnya untuk mempelajari kesuksesan perusahaan kecil maupun besar. Selama kurang lebih dua tahun Michelli melakukan penelitian tentang strategi bisnis Starbucks, ia mendapatkan akses penuh untuk melakukan wawancara mulai dari top management Starbucks hingga petani-petani yang menyediakan kopi untuk Starbucks.
 
 

Dalam peluncuran buku The Starbucks Experience yang dilakukan di Starbucks Coffee Grand Indonesia - Jakarta, 22 Mei 2007, Raja D. Manahara, General Manager MarComm Penerbit Erlangga mengatakan bahwa Starbucks adalah sebuah fenomena, pengalaman bisnisnya patut ditiru oleh setiap orang yang berkecimpung di bidang bisnis, terutama ritel. “The Starbucks Experience kami hadirkan di Indonesia, sebagai salah satu referensi manajemen bisnis yang bisa di contoh oleh siapa saja, bahkan prinsip-prinsip Starbucks di dalamnya bisa diterapkan oleh pengusaha gerai handphone sekalipun,” ujar Hara menjelaskan.

 
 

“Lima prinsip dalam buku ini yaitu: Lakukan dengan Cara Anda, Semuanya Penting, Surprise and Delight, Terbuka Terhadap Kritik, dan Leave Your Mark, memang Starbucks banget. Prinsip-prinsip itulah yang kami terapkan sehari-hari pada pelanggan kami,” ujar Farah Milda, Marketing Manager Starbucks Indonesia.

 
 

The Starbucks Experience bukanlah buku yang penuh teori atau praktik manajemen yang sulit diterapkan. Isinya akan membuat para pembaca terinspirasi dan tersentuh dengan Starbucks Experiences (pengalaman-pengalaman Starbucks) yang diberikan oleh karyawan Starbucks kepada para pelanggan maupun pimpinan Starbucks kepada para karyawannya. Buku ini menawarkan prinsip-prinsip yang sangat mudah diterapkan pada sebuah bisnis. Tidak perlu modal yang besar melainkan niat yang kuat untuk melakukannya sekarang juga.

 
 


“Pada dasarnya, yang dilakukan oleh Manajemen Starbucks adalah menjaga hubungan dengan pelanggan sehingga membuat pelanggan terlibat bahkan merasa menjadi bagian dari Starbucks.
Hal itu membentuk ikatan kesetiaan antara pelanggan dan brand Starbucks,” ujar Amelia Maulana, seorang Marketing Consultant.

 
 

Kesuksesan meramu lima prinsip tersebut membuat Starbucks bisa membuka 5 gerai setiap harinya di seluruh dunia. Di Jakarta sendiri, mungkin setiap beberapa kilometer dapat ditemukan Starbucks Coffee Shop dengan mudah. Bahkan di satu tempat perbelanjaan saja, terdapat 2 – 3 Starbucks Coffee Shop.

 
 

 
 

 
 
Seputar Dr. Joseph Michelli
 
Dr. Joseph Michelli, seorang psikolog organisasi yang mengabdikan karirnya untuk mempelajari bisnis-bisnis sukses, baik perusahaan kecil maupun besar. Sebelum The Starbucks Experience, Dr. Michelli ikut membantu dalam penulisan When Fish Fly: Lessons for Creating a Vital and Energized Workplace bersama John Yokoyama pemilik World Famous Pike Place Fish Market di Seattle.
 

Selama ini Dr. Michelli membagi pengetahuannya tentang bisnis melalui seminar dan lokakarya. Presentasinya mengungkapkan berbagai cara mengembangkan lingkungan kerja yang menyenangkan untuk memaksimalkan produktivitas pegawai sekaligus merangsang pertumbuhan moral pegawai.

 

Untuk mendapatkan info-info tambahan mengenai The Starbucks Experience, silakan kunjungi: www.josephmichelli.com. - Agus RH

Ulasan lengkap lainnya tentang buku The Starbucks Experience

      
  1. Koran Tempo (Ruang Baca)
      
  2.   
  3. Ini Buku (Toko Buku Online)
  4.   
  5. Depkominfo
  6.   
  7. Bisnis Indonesia Online
      
  8.   
  9. Portalhr
  10.   
  11. Conectique (Connecting Woman)
  12.   
  13. Jawa Pos
  14.   
  15. Hanya Wanita (Indonesian Women's E-Lifestyle)
      
 
 




Most Read Articles

esis emir