Persalinan Water Birth Mulai Populer?

PDFPrintE-mail

Water Birth merupakan salah satu metode persalinan yang cukup populer saat ini sehingga menarik minat para akademisi terutama di bidang kebidanan untuk lebih mendalami metode ini. Pada dasarnya Water Birth merupakan cara persalinan yang dilakukan di dalam air. Sang ibu yang akan melakukan proses persalinan memasuki air kolam saat mulut rahim sudah tahap pembukaan 6.

Metode ini sudah banyak dilakukan di negara-negara Barat. Negara-negara seperti Rusia, Amerika Serikat, dan beberapa negara di Asia telah mengenal metode Water Birth ini sejak lama. Akan tetapi kalau di Indonesia, metode persalinan Water Birth baru dikenal pada tahun 2006.

Metode melahirkan dalam air ini selain bermanfaat bagi sang ibu, juga sangat bermanfaat bagi bayi yang akan dilahirkan. Medium air memudahkan transisi bayi dari rahim, berisi cairan ketuban, ke dunia luar.

 

PT Penerbit Erlangga bersama dengan beberapa akademi kebidanan mengadakan seminar yang mengangkat topik tentang Water Birth ini.  Seminar yang diselenggarakan pada Rabu, 19 September 2012 ini mengundang dua pembicara yakni dr. Novi Garcia, SpOG (RS Mitra Keluarga, Jakarta) dan dr.M.R. Yaznil, SpOG (staf pengajar Fakultas Kedokteran USU dan praktisi RS Adam Malik, Medan). Seminar yang dihadiri lebih dari 450 mahasiswa dan dosen dari berbagai akademi kebidanan yang ada di Medan ini telah membuka wawasan para peserta mengenai persalinan Water Birth ini. Mahasiswa maupun dosen  terutama yang berkecimpung di bidang kebidanan patut bersyukur mendapat informasi terkini perihal metode ini. Akankah persalinan Water Birth ini akan populer di Indonesia? (ID)

Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir