Pelatihan TBI Jakarta :Teaching with Minimal Resources for Maximal Results

PDFPrintE-mail

Workshop satu hari bertema “Teaching with Minimal Resources for Maximal Results” sukses terselenggara pada 21 Mei 2012. Sebanyak hampir 80 guru mengikuti kegiatan yang diadakan Penerbit Erlangga bekerja sama dengan TBI (The British Institute).

Workshop ini menghadirkan Ms. R. Monica Ds (TBI External Training Programme Manager) yang berpengalaman sebagai instruktur bagi para guru bahasa Inggris, utamanya dalam cara mengajar bahasa inggris dengan lebih menarik.

Workshop dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Workshop yang diadakan di Toko Buku Gramedia Matraman ini terbukti menarik bagi para peserta. Hal tersebut terlihat saat hampir semua peserta tak beranjak dari tempat duduknya. Mereka dengan saksama dan penuh semangat mengikuti acara sampai akhir.

Ibu Monica yang dibantu para trainer TBI, mengajak semua peserta berperan serta aktif dalam workshop ini. Para peserta dilatih untuk memaksimalkan instrumen pembelajaran sederhana dengan cara yang kreatif. Dalam kegiatan ini, para peserta diajak  untuk aktif berdiskusi dengan peserta lain dan mempraktikkan metode pengajaran yang dilatihkan.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam training ini, seperti berkelompok membahas pertanyaan yang diajukan sang penutur. Acara ini juga disemarakkan dengan adanya berbagai kuis menarik yang harus dijawab dengan cepat dan tepat. Berbagai kegiatan tersebut membuat workshop menjadi lebih menarik bagi para guru.

Ibu Siti Zubaidah, guru SMA 112 serta Ibu Ana, guru SMA 54, mengakui pentingnya workshop ini. “Workshop ini berguna dan bagus,” kata ibu Siti, “Saya bisa mempraktikkan keterampilan yang diajarkan di sini di dalam kelas.


Melalui workshop ini, saya juga mendapatkan cara-cara baru untuk mengajar,” imbuhnya lagi.
Sementara itu, ibu Ana berkata, “Metode yang diajarkan sangat menyegarkan dan menyenangkan. Selain itu, teknik pengajarnya juga bagus.” Tanggapan kedua guru peserta workshop tersebut tentunya akan menjadi masukan dan dorongan bagi panitia agar dalam workshop berikutnya, pengajar dan materi yang diajukan bisa lebih baik lagi.

Adapun workshop satu hari ini dibagi dalam empat sesi sebagai berikut:

Sesi I: Pengelolaan Kelas
Dalam sesi ini, peserta diajak untuk mempraktikan suatu kegiatan berdasarkan modul Make English Fun! Volume 1 dengan memperhatikan berbagai variasi kegiatan. Di sini, peserta dilatih untuk memanfaatkan berbagai kegiatan guna memenuhi berbagai tujuan pembelajaran. Pada sesi ini pula akan didiskusikan beberapa hal penting seperti, pembentukan kelompok, pengawasan, dan memberikan umpan balik.

Sesi II : Memberikan Perintah
Dalam sesi ini, peserta diajak mempraktikkan aktivitas lain berdasarkan modul Make English Fun! Volume 1 dengan memperhatikan pentingnya perintah yang jelas, ringkas, dan lengkap.



 

 

 

 

 



Sesi III : Pengawasan dan Umpan Balik
Pada sesi ini, peserta diajak untuk menyusun suatu kegiatan dengan cermat dengan memberikan perhatian khusus pada beberapa faktor seperti bahasa yang perlu diajarkan kembali, pengawasan yang efektif, dan umpan balik. Peserta juga diajak untuk memberi perhatian pada pelafalan.

Sesi IV : Melakukan aktivitas: Peer Teaching
Dalam sesi ini, setelah diberi waktu untuk menyusun rencana pengajaran, peserta diminta untuk melakukan praktik mengajar berdasarkan modul Make English Fun! Volume 1. Hal ini dimaksudkan untuk melatih para peserta mempraktikkan semua ide yang telah mereka dapatkan pada sesi-sesi sebelumnya.
Mengingat tanggapan positif terhadap kegiatan ini, maka workshop yang sama akan dilaksanakan kembali pada tempat dan waktu berikut:


BANDUNG

Day/date  : Tuesday, 29 May 2012
Time        : 09.00-16.00 WIB
Venue      : PT Penerbit Erlangga Jl. Soekarno Hatta No. 554, Bandung

SURABAYA
Day/date  : Saturday, 26 May 2012
Time        : 09.00-16.00 WIB
Venue      : PT Penerbit Erlangga, Jl Brebek Industri VII/15, Waru Sidoarjo, Surabaya

MALANG
Day/date  : Monday, 28 May 2012
Time        : 09.00-16.00 WIB
Venue      : Aula Padepokan Balekambang
TBI Malang Jl. Terusan Candi Kalasan, (dalam kampus ABM-STIE Malangkucecwara Belimbing Malang)

Most Read Articles

Acara Akan Datang


esis emir