Launching Buku Rahasia Presentasi Steve Jobs

PDFPrintE-mail

Jakarta – ESENSI, salah satu imprint dari Penerbit Erlangga mengadakan acara launching dan talkshow  buku Rahasia Presentasi Steve Jobs: Bagaimana Tampil Luar Biasa Hebat di Depan Setiap Audiens. Talkshow yang digelar pada Rabu, 9 November 2011, pukul 14.0o-16.00 WIB di toko buku Aksara, Pacific Place, Jakarta ini turut menghadirkan konsultan kreatif Yoris Sebastian dan Ari Budiharto Soetjitro (Apple Certified Trainer) sebagai pembicara dan Aditya L. Jono (Redaktur Pelaksana Suara Pembaruan), sebagai moderator. Kedua narasumber yang kompeten tersebut akan berbagi cerita mereka dalam memandang sosok Steve Jobs, salah seorang inovator hebat di dunia, serta warisannya selain piranti-piranti canggih yaitu seni berpresentasi yang inspiratif. Yoris merupakan ikon industri kreatif Indonesia yang mengakui pengaruh Steve Jobs dalam ide-ide kreatifnya selama ini. Ari Budiharto dalam diskusi ini membagi pengalamannya sebagai sosok yang sangat akrab dengan piranti-piranti canggih kreasi Apple dan Steve Jobs.

Antusiasme publik untuk menikmati pidato Jobs dengan rela antre semalaman di tengah udara yang membeku untuk mendapatkan kursi terbaik, merupakan gambaran fanatisme banyak orang atas sosok Steve Jobs. Bahkan, sejumlah penggemar Jobs mengancam akan memboikot konferensi Macworld jika Jobs tidak hadir menyampaikan presentasinya. Wakil presiden Apple Phil Schiller memang menggantikan ketidakhadiran Jobs sebagai presentator dan menjelma sebagai tiruan kelas satu sang CEO di atas panggung dengan teknik yang mirip, namun audiens tetap merindukan Jobs.

Carmine Gallo, penulis buku ini, juga seorang ahli komunikasi terkemuka yang juga seorang kolumnis pada businessweek.com, menuliskan setiap detail pesona Steve Jobs di atas panggung dalam buku Rahasia Presentasi Steve Jobs: Bagaimana Tampil Luar Biasa Hebat di Depan Setiap Audiens. Di mata Gallo, Steve Jobs adalah komunikator paling memukau di dunia. Jobs piawai menyampaikan gagasannya di atas panggung dengan merencanakan, menjawab pertanyaan penting, hingga menyihir dengan kata-kata luar biasa dan inspiratif.

Jobs, menurut Gallo, sejajar dengan salah satu komunikator  kelas wahid abad kedua puluh yaitu Perdana Menteri Inggris Winston Churchill. Sosok Churchill merupakan manifestasi dari kombinasi antara persuasi, pengaruh, dan motivasi, yang penting untuk membangkitkan jutaan orang Inggris yang melalui hari-hari gelap semasa Perang Dunia II.

Buku  Rahasia Presentasi Steve Jobs: Bagaimana Tampil Luar Biasa Hebat di Depan Setiap Audiens menjabarkan teknik-teknik tertentu yang membuat Jobs menjadi komunikator yang paling memukau di panggung dunia. Dengan memakai presentasi legendaris Jobs sebagai cetak biru, pelatih keterampilan komunikasi Carmine Gallo telah memetakan sebuah kerangka rahasia presentasi yang siap pakai untuk membantu setiap orang merencanakan, menyampaikan, dan memoles presentasi terbaiknya. Beberapa teknik dasar presentasi seorang Steve Jobs yang dijabarkan dalam buku ini antara lain: 

•    Menciptakan sebuah kisah merek yang menginspirasi
•    Menjawab satu pertanyaan yang paling penting
•    Melukiskan visi yang spesifik, mudah diingat dan konsisten
•    Membuat angka menjadi bermakna
•    Menyampaikan momen-momen yang tak terlupakan
•    Membangun slide yang memukau secara visual
•    Menguasai penampilan di panggung

Setiap bab dalam buku ini memberikan perangkat dan strategi yang bisa diterapkan dalam sebuah presentasi. Dengan memakai presentasi yang benar-benar disampaikan oleh Steve Jobs, Gallo membantu setiap orang untuk mengidentifikasi dan mengadopsi teknik Jobs untuk membuat audiens terpukau dan memberikan pengalaman menarik bagi pelanggan, klien, dan rekan sekerja.
Pakar komunikasi Carmine Gallo telah mempelajari dan menganalisis penampilan terbaik Jobs, menawarkan contoh-contoh mendetail, teknik-teknik teruji, dan rahasia presentasi yang telah terbukti efektif. Dengan pendekatan revolusioner ini, akan terungkap betapa mudahnya menjual ide, berbagi antusiasme, dan mencengangkan audiens dengan cara Steve Jobs. (Esensi 2011)

Most Read Articles

esis emir