Workshop Olimpiade Matematika SMU Se-DKI Jakarta

PDFPrintE-mail

ESIS mempunyai kepedulian yang sangat tinggi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Tidak hanya menerbitkan buku-buku yang berkualitas, ESIS juga mempunyai tanggungjawab untuk mengedukasi pengguna buku-buku ESIS sebagai salah satu pelayanan yang diberikan untuk dapat meningkatkan mutu dan kompetensi bagi penggunanya. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh ESIS adalah dengan melakukan pelatihan, seminar dan workshop.

Kegiatan
Salah satu kegiatan yang baru saja dilakukan oleh ESIS adalah dengan melakukan workshop. Workshop yang dilakukan oleh ESIS tersebut ditujukan bagi guru-guru Matematika se-DKI Jakarta. Workshop yang dilakukan tersebut merupakan pelatihan yang diberikan kepada guru-guru untuk dapat membantu siswa dalam menghadapi Olimpiade Sains Nasional (ONS). Berikut keterangan kegiatan tersebut :

Workshop Olimpiade Matematika SMU SE-DKI Jakarta
*Tema : Menyiasati Olimpiade Sains Nasional (OSN)
Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah
*Hari/Tanggal : Rabu, 27 Februari 2008
*Tempat : SMA Negeri 3 Jakarta

Peserta
Peserta kegiatan tersebut merupakan guru-guru Matematika SMU se-DKI Jakarta yang berjumlah 55 guru Matematika. Guru-guru tersebut mendapatkan tugas dari masing-masing sekolah untuk dapat membimbing siswanya agar dapat turut serta dalam Olimpiade Sosial Nasional. Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat membawa dampak yang positif untuk membantu guru-guru tersebut dalam membantu siswanya agar dapat ikut serta dalam Olimpiade Sains Nasional.

Narasumber / Trainer
Dalam workshop tersebut yang menjadi narasumber atau trainernya adalah Bapak DR. Ir. Tedy Setiawan, MT, Beliau adalah satu dosen/pengajar di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Beliau sering mengikuti Olimpiade Matematika Tingkat Internasional, antara lain Kanada, Polandia, Amerika Serikat dan Kazakstan. Beberapa kegiatan sebagai berikut :
-Pembina MGMP Matematika SMA se-Jawa Barat.
-Pembina Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.
-Penyaji materi pada kegiatan MGMP Matematika SMA Penabur Jakarta.
-Penyaji materi pada kegiatan menghadapi Ujian Nasional (UN) di Kantor Diknas Bandung.
-Menjadi penyaji materi di Surabaya, Makassar, Semarang dan Medan.

Deskripsi Kegiatan
Workshop tersebut dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB–16.00 WIB yang dibuka oleh Bapak Dharma Hutauruk yang merupakan perwakilan dari Penerbit Erlangga.

Seluruh peserta dari workshop tersebut sangat antusias dengan presentasi dari ESIS dan sangat antusias dengan pendukung pembelajaran yang ditawarkan oleh ESIS yaitu software Matematika tersebut. Pada akhir presentasi tersebut juga dilakukan pembagian CD Buku Guru kepada peserta yang hadir.

Pada sesi selanjutnya, Bapak Tedy Setiawan sebagai Trainer dalam workshop tersebut memperkenalkan siswa kelas XII yang bersekolah di SMA Pribadi Bandung, yang merupakan anak didik yang menjadi juara dalam Olimpiade Matematika Internasional.

Workshop tersebut menjelaskan kepada guru-guru yang menjadi peserta bagaimana cara-cara dalam mengerjakan soal-soal Matematika yang sering dilombakan dalam Olimpiade Matematika. Beliau juga menjelaskan kepada peserta mengenai metode pengajaran yang dapat memudahkan siswa dalam menelaah soal-soal dalam Olimpiade Matematika.

Dalam workshop tersebut tidak hanya menjelaskan kepada guru mengenai soal-soal dan cara pengerjaan Olimpiade Matematika, tetapi juga hal lain yaitu cara pengerjaan soal dalam Ujian Nasional dan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

Antusiasme dari guru-guru tersebut juga terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diberikan berkaitan langsung dengan materi workshop. Trainer dalam workshop tersebut tidak hanya menjelaskan cara-cara mengerjakan soal tetapi juga ikut bersama-sama dengan guru mengerjakan soal secara bersama-sama. (BA Esis, Malvin)

Most Read Articles

esis emir