Seminar Prebiotik dan Probitik

PDFPrintE-mail

Pada hari Selasa, tanggal 8 Januari 2008, telah diadakan seminar “Prebiotik dan Probiotik” di SMAK 7 BPK Penabur Jakarta Timur. Acara ini diadakan oleh ESIS bekerjasama dengan MGMP Biologi SMA Penabur dan PT. Yakult Indonesia Persada (produsen minuman Yakult). Sebanyak 24 orang guru Biologi dari SMAK 1 - 7 tampak antusias mengikuti seminar yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam itu.

Tampil sebagai pembicara adalah Bapak Drs. Iman Santoso, M.Phil (Pakar mikrobiologi dari UI) dan Bapak Jimmy Hariantono, PhD (Factory General Manager PT. Yakult Indonesia Persada).

Berbagai pertanyaan diajukan seputar peranan bakteri baik untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat, peranan probiotik dan prebiotik untuk kesehatan sistem pencernaan, daya tahan tubuh, dsb. Peserta sangat antusias dengan materi yang disajikan karena saat ini probiotik dan prebiotik sedang gencar dipromosikan sebagai kandungan dalam berbagai jenis produk makanan, minuman, dan suplemen.

Pada acara tersebut kami juga mempresentasikan buku Seri Next-Step: Biologi SMA (Diah Aryulina, Ph.D. dkk) dan Buku Kerja Biologi SMA (Khristiyono PS, M.M.). Peserta juga sangat antusias pada kedua buku ini dan meminta segera diberikan buku contohnya. Ketika kami sampaikan bahwa harga buku Seri Next-Step: Biologi SMA itu di atas Rp100.000, mereka mengatakan tidak ada masalah asalkan produk dan servisnya bagus. Salah satu servis yang menarik bagi mereka adalah kesempatan untuk bergabung dalam situs eksklusif, yaitu esis online community.

Dalam situs ini tersedia berbagai kebutuhan guru, misalnya RPP, silabus, kunci jawaban, soal, gambar, bahan pembelajaran, artikel, dan kesempatan untuk chatting dengan penulis, pakar, dan editor. Buku Kerja Biologi SMA juga disambut dengan antusias karena menawarkan konsep pembelajaran siswa secara aktif.

Dengan belajar aktif maka siswa dapat memahami konsep biologi dengan baik. Selain itu, dengan belajar aktif maka siswa memiliki keterampilan proses; antara lain keterampilan mengamati, mengklasifikasi, melakukan eksperimen, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil temuan (lisan atau tertulis), serta menganalisis dan memecahkan masalah sehari-hari.

Kerja sama dengan Yakult ikut meningkatkan antusiasme peserta seminar. Setelah tinjauan akademis mengenai prebiotik dan probiotik oleh Bapak Iman Santoso, Tim Yakult yang diwakili oleh Bapak Jimmy Hariantono melakukan presentasi mengenai aplikasi prebiotik dan probiotik.

Tidak lupa pula Tim Yakult memberikan souvenir berupa 10 botol Yakult dan kalender 2008 kepada setiap peserta seminar, termasuk beberapa group leader kita yang dengan setia mengikuti kegiatan tersebut. Avni.
















Most Read Articles

esis emir