BLUE GREY RED

      

Intip Tips Agar Anak Raih Nilai Ujian Sekolah Terbaik

PDFPrintE-mail

JAKARTA, investor.id – Seperti diketahui, nilai Ujian Sekolah (US) merupakan salah satu syarat penentu kelulusan, selain nilai rapor dan nilai sikap siswa. Dalam dalam mempersiapakan US, orang tua juga memiliki peran penting agar anak dapat meraih nilai terbaik.

Editor Senior Penerbit Erlangga Eny wijayanti mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan para orang tua dalam mengajarkan anak-anak mereka agar dapat meraih nilai US terbaik, yaitu pertama, anak bisa mempelajari dan memahami kembali materi esensial yang pernah dipelajari tiga tahun terakhir. Materi esensial inilah yang biasanya diujikan dalam Ujian Sekolah.

“Caranya adalah dengan belajar materi dari rangkuman materi pokok yang tersaji dalam buku, baik secara mandiri, berkelompok, ataupun di bawah bimbingan guru,” ungkapnya di sela webinar Motivasi US 2022 'Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana?', belum lama ini.

Kedua, Eny menyebut anak bisa mempelajari contoh-contoh soal model US yang disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Ketiga, setelah anak merasa sudah paham, kemudian uji dari apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan soal-soal latihan model Ujian Sekolah. Untuk mengetahui kebenaran dari jawabannya, periksa hasil jawaban dengan mencocokan dengan kunci jawaban yang tersedia.

“Tahap terakhir, yaitu anak mengerjakan soal-soal paket simulasi US yang disediakan. Untuk memastikan jawabannya, periksa hasil jawaban dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia,” tambahnya.

Untuk itu, Eny menyarankan untuk latihan soal sebanyak mungkin dan terstruktur. Salah satunya dengan soal-soal berkualitas nasional dari buku-buku US Erlangga. Selain itu, anak dapat menguji kemampuan dengan cara mengikuti Try Out US akbar yang diselenggarakan pada Februari dan Maret 2022.

Sumber: investor.id

Most Read Articles

Acara Akan Datang


emir