BLUE GREY RED

      

MNPK dan Penerbit Erlangga Tandatangani MoU

PDFPrintE-mail

Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) kembali menandatangani sebuah Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) dengan PT. Penerbit Buku Erlangga Mahameru pada 18 Juni 2021, bagian dari upaya kemitraan untuk mendukung pengembangan Lembaga Pendidikan Katolik.

MoU dengan jangka waktu tiga tahun ini (2021-2024) merupakan perpanjangan dari MoU sebelumnya yang juga berlaku selama tiga tahun.

Penandatanganan dilakukan oleh pimpinan lembaga masing-masing, di mana dari MNPK oleh RP Vinsensius Darmin Mbula, OFM, Ketua Presidium.

Situasi pandemi Covid-19 membuat MoU itu ditandatangani di tempat masing-masing, setelah mencapai kesepakatan terhadap poin-poin isinya.

Sejumlah poin yang menjadi bagian dari kerja sama dan menjadi tanggung jawab Erlangga adalah memberikan sepuluh kali pelatihan pertahun, yang diinisiasi oleh MNPK, dengan sasaran guru-guru.

Di samping itu, Erlangga memfasilitasi program magang atau orientasi untuk sepuluh orang guru SMA per tahun. Guru yang mengikuti program magang akan ditempatkan selama seminggu di lokasi magang atau orientasi di Yayasan atau sekolah yang dipandang menjadi panutan oleh MNPK. Adapun biaya yang disediakan adalah biaya tiket pesawat (PP), transport selama magang, dan biaya penginapan.

Erlangga juga membantu dalam penyusunan  buku panduan Sekolah Katolik Indonesia yang menjadi buku resmi milik MNPK dan akan dipakai serta dijadikan pedoman bagi sekolah-sekolah Katolik Se-Indonesia, juga memberikan pelatihan beserta bimbingan kepada para calon penulis buku pelajaran pilihan MNPK, dengan target bisa menerbitkan buku pelajaran dalam bidang Matematika, Sains, Ilmu social dan atau Buku Referensi Pendidikan.

Pihak Erlangga juga menjadi sponsor dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak MNPK untuk peningkatan mutu dan pendidikan sebanyak tiga kali dalam setahun.

Sementara itu, untuk MNPK, tanggung jawabnya adalah memperkenalkan buku-buku terbitan Erlangga agar dikenal dan diakui sebagai buku yang berkualitas serta mendorongnya untuk digunakan di sekolah-sekolah Katolik di seluruh Indonesia.

MNPK juga mereferensikan buku-buku terbitan Erlangga agar digunakan sebagai buku pegangan utama bagi siswa/siswi di sekolah-sekolah Katolik di seluruh Indonesia.

MNPK memberikan dukungan kepada Erlangga untuk dapat berhubungan lansung dengan sekolah-sekolah Katolik yang selama ini masih belum terjalin kerja sama dengan Erlangga.

MNPK memberikan  kesempatan kepada Erlangga untuk turut serta bersama-sama melakukan kunjungan ke MPK-MPK di seluruh Indonesia sesuai permintaan Erlangga.

MNPK diharapkan dapat mengarahkan yayasan untuk bersedia mencetak buku karakter, buku tulis dengan design khusus/custom, buku tahunan siswa, buku gambar di Penerbit Erlangga.

Romo Darmin mengataka, semoga kerja sama ini bisa membawa manfaat bagi upaya terus-menerus meningkatkan mutu pendidikan Katolik.

“Selama ini Erlangga menjadi salah satu mitra strategis bagi MNPK. MoU ini tentu saja menjadi tanda bahwa kemitraan ini akan terus dipupuk,” katanya.

“Semoga Erlangga terus berkomitmen mendukung terciptanya generasi Indonesia masa depan yang siap untuk bersaing, sekaligus menjadi manusia-manusia yang peduli pada sesama,” tambahnya.

Sumber: https://mnpkindonesia.org/2021/08/09/mnpk-dan-penerbit-erlangga-tandatangani-mou/

Most Read Articles

Acara Akan Datang


emir