Solidaritas Erlangga Peduli Orangutan

PDFPrintE-mail

SAMARINDA–Bantuan yang dipimpin Kepala Penerbit Erlangga Cabang Samarinda Mochamad Kolil ini berupa tools medicine and medical equipment, cairan disinfektan, dan nutrisi, berupa susu dan vitamin. Kegiatan tersebut dilaksanakan di BOSF, Jalan Balikpapan-Handil Km 44, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kukar. “Solidaritas Erlangga langsung di bawah komando Direktur Soga Debo rah Hutauruk.

Bantuan itu merupakan wujud kepedulian penerbit Erlangga untuk ikut serta menyelamatkan orangutan, yang saat masa pandemi Covid-19,” jelas Kolil. Aksi sosial tersebut untuk melestarikan satwa endemik yang keberadaannya terancam punah. Yang mana maraknya pembukaan lahan dan kebakaran hutan sangat mengancam keberadaan orangutan di habitatnya. Belum lagi, saat pandemi virus corona, sangat minim tersentuh bantuan. Kegiatan Soga tidak hanya pada orangutan semata, pemberian paket sembako di empat desa di Kalsel dan Kalteng juga dilakukan. “Ke depannya bantuan untuk pelestarian orangutan akan menyebar. Bukan hanya di Kaltim, juga daerah lain di Kalimantan . Semoga hutan tetap terjaga, sehingga orangutan tetap ada sebagai warisan budaya bangsa Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Fundraising Staff BOSF Ardy SS menyebut, sangat berterima kasih atas kepedulian Soga Penerbit Erlangga. Adanya wabah Covid-19 sangat berdampak pada biaya operasional. Terlebih donatur terbesar yang berasal dari Eropa juga terdampak wabah, sehingga harus efektif membelanjakan dana yang ada. “Belum lagi pengeluaran ekstra seperti pestisida. Donasi sangat membantu kami karena beberapa item cukup sulit. Selain itu, harganya cukup mahal seperti pengecek suhu tubuh dan APD bagi tim di sini,” terangnya. Seperti jargon BOSF “Save Orangutan, Save Our Future”, fungsi orangutan untuk hutan sangat penting sebagai spesies kunci di hutan. Jika tak ada orangutan, tidak ada penjaga hutan. Tidak ada hutan, maka tidak ada oksigen alami yang dibutuhkan untuk semua. (adv/*/dc/dra/k16)

Sumber: Koran Harian Smarinda Senin, 8 Juni 2020

Most Read Articles

esis emir