Cara Mengenali Bakat Diri Anda

PDFPrintE-mail

Ada yang mengatakan bahwa bakat adalah anugerah Tuhan. Anda juga pasti setuju, kan? Bakat biasanya memang sudah ada sejak kita lahir tanpa kita sadari. Seiring waktu bakat tersebut bisa kita kembangkan atau tidak, semua tergantung diri kita sendiri.

Nah, jika kita bisa memahami bakat tersebut, maka bisa saja bakat kita kembangkan menjadi sebuah potensi. Tapi bagaimana cara mengenali bakat terpendam kita tanpa dibantu oleh orang lain?

Berikut ada sedikit tip cara mengenali bakat kita masing-masing.

1. Apa yang suka Anda lakukan dan tak pernah bosan melakukannya?

Aktivitas apa yang Anda nikmati tanpa diminta oleh orang lain? Ketrampilan apa yang Anda kuasai dan sukai saat ini? Hal-hal apa yang langsung membuat Anda tertarik dan langsung menjadi pusat perhatian Anda, dan Anda dengan antusias mencari tahu lebih banyak tentangnya? Jika ada satu atau beberapa aktivitas yang bisa berulang-ulang Anda lakukan tanpa rasa bosan mungkin itulah bakat yang sedang Anda cari.

2. Mari bereksperimen

Kalau Anda sudah menemukan aktivitas yang bisa Anda lakukan secara berulang tanpa ada paksaan dan tanpa ada rasa bosan, cobalah untuk bereksplorasi lebih jauh. Setiap hobi yang dilakukan oleh setiap orang akan bercabang ke hal-hal lain yang lebih spesifik. Misalnya Anda suka melukis. Melukis dengan apa? Melukis apa? Dengan media apa? Anda bisa mencoba berbagai hal seputar kegiatan melukis ini, sebelum akhirnya memutuskan ingin melukis yang seperti apa. Cobalah untuk bereksperimen agak di luar zona nyaman Anda, dan lakukan aktivitas yang berbeda. Anda juga bisa menerapkan rutinitas yang berbeda juga untuk menggali minat Anda lebih jauh lagi.

3. Perhatikan orang-orang di sekitar Anda

Coba perhatikan reaksi orang-orang saat Anda melakukan aktivitas yang Anda sukai tersebut. Apakah mereka menikmati aktivitas yang sedang Anda lakukan? Atau justru terlihat bosan? Apa reaksi yang mereka berikan, saat Anda menunjukkan hasil aktivitas tersebut? Kalau mereka tampak menikmati dan mengapresiasi dengan baik hasilnya, bisa jadi ini berarti bahwa Anda melakukannya dengan baik.

4. Lakukan evaluasi diri

Selain mencari hal-hal yang Anda sukai, Anda perlu juga mengenali kelemahan diri Anda dan melakukan evaluasi terhadapnya, misalnya meliputi hal-hal apa saja yang tak suka Anda lakukan, dan apa hambatan terbesar Anda saat ini. Hasil evaluasi diri ini bisa menjadi bahan bagi Anda untuk me-manage diri sendiri, sehingga kelemahan dapat diminimalisir dengan cara banyak latihan. Anda juga dapat mencarikan solusi bagi semua hambatan yang ada.

5. Practice makes perfect

Jika Anda sudah yakin dengan bakat dan potensi yang Anda temukan baru saja, jangan lupa untuk terus melatihnya. Dengan banyak latihan, maka bakat akan semakin terasah dengan baik, dan akan menjadi satu ketrampilan yang dapat berguna di suatu saat nanti.

Selamat mengenali bakat Anda :) [RedCarra]

Most Read Articles


esis emir