Teknik

PDFPrintE-mail

Arsitektur Tropis


Buku ini mencoba menjelaskan kembali esensi arsitektur tropis lembab yang tampaknya semakin lama semakin kurang dipahami oleh para arsitek maupun kalangan di dunia pendidikan arsitektur. Dengan rancangan arsitektur tropis berarti kita mencoba untuk menjawab permasalahan yang ditimbulkan oleh iklim tropis, agar bangunan yang kita rancang bukan saja menarik secara estetika namun juga dapat menjawab permasalahan iklim tropis setempat, memperhatikan posisi matahari– sebagai sumber panas–yang diterima bangunan.

 

Permukiman Berkelanjutan: Telaah Psikologi Sosial

PDFPrintE-mail


buku yang membahas teori dan konsep­konsep desain yang menjadi landasan proses dan kriteria untuk mewujudkan kawasan permukiman berkelanjutan, dengan fokus pada pendekatan psikologi sosial (social psychology). Buku ini disusun agar para penggunanya memahami proses desain arsitektur yang baik dan benar menuju arsitektur yang berkelanjutan, dengan dasar teori adanya interaksi dan komunikasi antara manusia dengan lingkungan binaan (wujud arsitektur). Dengan ini, diharapkan diperoleh perangkat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemanfaatan serta pengambilan kebijakan untuk menciptakan permukiman berkelanjutan atau permukiman lestari sebagai salah satu wujud arsitektur.

Minimnya buku­buku yang terkait dengan perumahan dan permukiman, khususnya yang melibatkan masyarakat yang menghuninya, membuat buku ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara para insinyur (atau calon insinyur) dan para sosiolog atau psikolog dan pengambil kebijakan untuk mewujudkan permukiman yang berkelanjutan

 
 

Sistem Fluida: Prinsip Dasar dan Penerapan Mesin Fluida

PDFPrintE-mail


Buku Sistem Fluida: Prinsip Dasar dan Penerapan Mesin Fluida, Sistem Hidrolik, dan Sistem Pneumatik ini adalah buku yang ditujukan sebagai buku teks satu atau dua semester untuk mata kuliah terkait permesinan fluida dalam program S1 di fakultas teknik. Buku teks ini disusun dengan mengupayakan suatu ciri khas yaitu dengan pendekatan aplikatif yang langsung disampaikan melalui berbagai contoh soal perhitungan dan perancangan. Hal ini dimaksudkan untuk merangsang mahasiswa agar lebih dapat memahami berbagai cara kerja dan fungsi sistem fluida yang melibatkan berbagai mesin fluida untuk berbagai aplikasi di bidang teknik.

 
 

Konsep Perancangan Arsitektur

PDFPrintE-mail

Buku Konsep Perancanangan Arsitektur ini ditujukan bagi mahasiswa program sarjana arsitektur, dan juga praktisi yang akan merancang bangunan arsitektur.

Dalam buku ini dibahas tahap-tahap perancangan arsitektur bangunan, mulai dari latar belakang dalam mendesain, kebutuhan ruang dan ukuran besaran ruang, pelaku kegiatan, proses kegiatan, hubungan kegiatan, dan pola kegiatan, hubungan ruang, organisasi ruang, zoning, dan sirkulasi, lokasi dan pemilihan tapak, ruang terbuka, resapan air, ruang hijau, dan refreshing area; analisa tapak, aspek kinerja, gambar kerja, dan gambar tiga dimensi, tatanan ruang, skala dan proporsi, harmonisasi, simetri, keseimbangan, ritme, dan kontras, serta arsitektur yang aksesibel bagi para difabel. Semua teori yang dikemukakan disertai dengan contoh dan penerapannya. Setiap penjelasan yang diberikan disertai dengan ilustrasi yang menarik yang sebagian di antaranya merupakan sketsa tangan dari para penulis.


 
 

Perancangan Struktur Beton Bertulang

PDFPrintE-mail

Perancangan Struktur Beton Bertulang (Berdasarkan SNI 2847:2013) adalah buku yang membahas secara menyeluruh tentang perancangan struktur beton bertulang, sebagai salah satu material bangunan yang paling banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Topik pembahasan dalam buku ini meliputi perancangan komponen struktur balok, kolom, pelat, pondasi, dinding penahan tanah, hingga perencanaan struktur beton tahan gempa. Dalam membahas metode perancangan struktur beton, buku ini menganut kaidah­kaidah dasar perancangan yang tertuang dalam SNI 2847:2013 “Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung” (yang menggantikan SNI lama yaitu SNI 03­2847­2002).

 
 

Analisis Struktur

PDFPrintE-mail

Analisis Struktur adalah buku yang membahas cara-cara menganalisis suatu sistem struktur (bisa berupa balok menerus, rangka batang, ataupun struktur portal), baik secara klasik, yaitu dengan persamaan kesetimbangan, ataupun dengan metode matriks kekakuan, yang berkembang kurang lebih 20 tahun terakhir. Ilmu ini adalah ilmu dasar yang harus dikuasai mereka yang mendalami teknik sipil.

Buku ini ditujukan sebagai buku teks untuk mata kuliah Statika, Analisis Struktur, atau juga untuk Analisis Struktur Metode Matriks, namun juga sangat bermanfaat sebagai referensi bagi praktisi atau bagi mereka yang dalam pekerjaannya terkait dengan struktur..

Secara garis besar buku ini terbagi dalam tiga bagian utama: bagian pertama (Bab 1 sampai 7) adalah bagian yang membahas tentang struktur statis tertentu; bagian kedua (Bab 8 sampai 10) membahas tentang analisis struktur statis tak tentu; dan bagian ketiga (Bab 11 sampai 14) membahas tentang analisis struktur dengan menggunakan metode matriks kekakuan. Setiap bab di dalam buku ini dilengkapi contoh  soal berikut cara penyelesaiannya, serta soal latihan berikut kunci jawabannya untuk meningkatkan kemampuan pembaca dalam hal analisis struktur.

 
 

Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD

PDFPrintE-mail

Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD – Edisi Kedua menguraikan dasar-dasar perencanaan suatu komponen struktur baja, dengan basis perencanaan berdasarkan metode Load Resistance and Factor Design (LRFD). Buku ini hadir pada saat yang tepat, di mana Peraturan Perencanaan Bangunan Baja Indonesia (PPBBI 1987) telah diganti dengan Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung, SNI 03-1729-2002 yang berbasis pada metode LRFD.

Setiap pokok bahasan pada buku ini dilengkapi dengan contoh soal beserta langkah-langkah penyelesaiannya dan seperti yang tertulis di bagian muka buku, seluruh contoh soal yang diberikan dalam buku ini berpedoman pada SNI 03-1729-2002. Di samping itu, pada bagian akhir dari setiap bab diberikan soal-soal latihan yang dilengkapi dengan kunci jawaban pada bagian akhir buku.

Buku ini ditujukan kepada para mahasiswa jurusan teknik sipil dan praktisi profesional dalam bidang teknik sipil. Sebagai bahan perkuliahan buku ini dapat diberikan dalam dua semester pada mata kuliah Struktur Baja. Pada semester pertama mahasiswa mempelajari tentang konsep dasar LRFD, pengenalan material baja, batang tarik dan tekan, sambungan (baut dan las), serta torsi pada struktur baja. Sedangkan pada semester kedua mahasiswa dapat mempelajari tentang tekuk torsi lateral, pelat girder, komponen struktur balok-kolom, komponen struktur komposit serta jenis-jenis sambungan pada konstruksi baja.

 
 

Pengantar Sistem Transportasi

PDFPrintE-mail

Pengantar Sistem Transportasi adalah buku yang ditujukan untuk menjadi referensi belajar bagi para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengantar Transportasi atau mata kuliah Sistem Transportasi, yang merupakan mata kuliah wajib di teknik sipil, jurusan perencanaan wilayah dan kota, dan juga akademi maritim. Buku ini disusun sedemikian rupa agar materi-materi yang dibahas di dalamnya sesuai dengan perkembangan terkini. Dengan mempelajari buku ini mahasiswa diharapkan dapat memahami transportasi sebagai suatu sistem yang luas, menyeluruh, dan komprehensif. Contoh-contoh riil (konteks Indonesia) tentang elemen-elemen sistem transportasi, berikut foto-foto dan ilustrasi penjelas, di dalam buku ini akan memberikan visualisasi kepada mahasiswa sehingga semakin memperkuat pemahaman mereka. Buku ini juga menyediakan satu bab khusus yang membahas dan mengkaji aspek-aspek ekonomi dalam mengoperasionalkan sistem transportasi, seperti pasar jasa transportasi (kebutuhan perjalanan ), aspek biaya, tarif, serta investasi seluruh moda transportasi yang ada.

Tentang Penulis:

Fidel Miro SE, MSTr lahir di Padang pada tanggal 13 Juni 1961. Setelah menamatkan pendidikan dasar dan menengah di SMA Negeri 3 Padang pada tahun 1983, Beliau melanjutkan pendidikan pada program S-1 bidang Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang, dan meraih gelar sarjana ekonomi pada tahun 1989. Pada tahun 1991, beliau melanjutkan pendidikannya di Program Studi Magister Transportasi Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung, dan meraih gelar Magister Teknik (MT) atau Magister Transportasi (MSTr) pada tahun 1993.

 
 

Proses Kreasi – Gambar Anak – Proses Belajar

PDFPrintE-mail

Menggambar, sebagai salah satu sarana untuk mengekspresikan kreativitas manusia, sudah dilakukan anak sejak usia 1 – 2 tahun. Setiap anak berusia 1 – 2 tahun, bila diberi pensil, mereka selalu melakukan coret-coretan. Coretan merupakan ekspresi kreativitas yang bersifat awal. Semakin lama, sejalan bertambahnya usia, coretan akan berkembang menjadi bentuk yang semakin jelas dan variatif. Melalui gambar, anak dapat mengungkapkan sesuatu yang dirasakan, dipikirkan bahkan yang dialaminya. Begitu mengagumkannya ekspresi kreativitas anak melalui gambar.

Walaupun gambar merupakan salah satu dimensi yang perlu dikembangkan pada anak, sedikit sekali buku yang mengulas mengenai bagaimana mengungkap kreativitas melalui gambar. Proses Kreasi – Gambar Anak – Proses Belajar adalah buku yang menguraikan dengan menarik bagaimana mengembangkan kreativitas melalui gambar pada anak. Buku ini sangat berguna bagi para pendidik dan pemerhati yang berminat mengembangkan kreativitas anak melalui gambar. Buku ini merupakan hasil kumpulan tulisan beliau yang bersumber dari pengalaman mengajar dan memberikan pelatihan dan seminar kepada para guru dan mahasiswa baik dalam bidang kesenian maupun seni rupa.

 
 

Page 1 of 3

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir