Untuk Siswa

Materi BelajarSumber BelajarE-ForumTanya PakarSoal LatihanSDSMPSMASDSMPSMA

Tahukah Kamu Peninggalan Kerajaan Hindu di Indonesia ?

PDFPrintE-mail

Tahukah Kamu?

Yupa adalah tugu batu peringatan yang dibuat oleh para brahmana atas kedermawanan Raja Mulawarman dari kerajaan Kutai. Yupa-yupa ini menggunakan bahasa  Sanskerta dan berhuruf Pallawa. Sedangkan Kerajaan Tarumanegara peninggalannya adalah berupa prasasti antara lain Prasasti Ciaruteun, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Cidanghiyang (Munjul atau Lebak), Prasasti Tugu, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi. Kerajaan Kalingga Peninggalannya berupa Prasasti Tukmas di Dusun Dakawu, Magelang serta Candi Angin dan Candi Bubrah di Jepara.

Kerajaan Mataran Hindu Peninggalannya Berupa kompleks Candi Prambanan, didalmnya ada tiga Candi bangunan utama yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu, dan Candi Syiwa. Adapula Kerajaan Kediri yang meninggalka prasasti antara lain sebagai berikut Prasasti Padelegan, Prasasti Panumbangan, Prasasti Hantang Prasasti Talan, Prasasti Jepun, Prasasti Sirah Keting. Selain Prasasti kerajaan kutai juga meninggalkan beberapa kitab karya sastra.

Peninggalan sejarah Kerajaan Singasari adalah Arca Prajnaparamita yang dipercaya sebagai arca pemujaan terhadap Ken Dedes. Peninggalan sejarah lainnya antara lain Candi Kidal, Candi Singasari, Candi Kagenengan dan Candi Jago. Peninggalan sejarah kerajaan Majapahit antara lain Candi Panataran, Candi Sawentar, dan Candi Sumber Jati di Blitar, Candi Surowano, Candi Tikus, Candi Jabung, Ada Juga beberapa Kitab Seperti kitab Kutaramanawa, Kitab Sutasoma, dan Kitab Negarakertagama.


Sumber: Buku RPUL Indonesia dan Dunia

Most Read Articles

esis emir