Atlas Dunia - Panduan Penjelajah Cilik

Beberapa waktu lalu Albert kegirangan karena mendapatkan buku Atlas Dunia: Panduan Penjelajah Cilik. Buku terbitan Erlangga for Kids ini merupakan terjemahan dari National Geographic for Kids. Selama ini Albert memang sering penasaran dengan berbagai negara di dunia yang pernah didengarnya atau pernah dibacanya. Biasanya kami mencoba mencari negara itu di globe dan mencari informasinya di internet. Namun tak jarang saat ia bertanya, saya sedang tidak sempat mencarikannya informasi, atau gadget kami sedang diisi ulang, atau kebetulan koneksi internet sedang kurang memadai. Saya memang sempat berpikir untuk membelikannya atlas untuk anak-anak, tetapi memang belum menemukan yang cocok karena tidak mau membeli atlas yang terlalu serius seperti yang dipakai di sekolah.

Pembahasan pada buku Atlas Dunia: Panduan Penjelajah Cilik setebal 256 halaman ini disusun berdasarkan pembagian benua yang ada di dunia, dimulai dari Amerika Utara dan terakhir yang dibahas adalah Antartika. Pada halaman awal diberitahukan cara menggunakan atlas ini. Ada juga keterangan tentang arti simbol-simbol yang tertera di peta. Walaupun atlas ini untuk anak-anak, tetapi simbol yang dipakai sama seperti pada atlas biasanya. Setelah itu ada cara membaca peta yang berisikan penjelasan singkat tentang skala dan arah, garis lintang dan garis bujur, dan lain-lain.

Setiap negara dibahas pada dua halaman. Negara-negara kecil yang letaknya berdekatan biasanya dijadikan satu. Pada setiap bahasan disertai dengan peta negara, identitas dan fakta negara, lima aktivitas keren yang bisa dilakukan di sana, serta panduan untuk penjelajah digital. Jadi agar lebih menarik, anak-anak diminta untuk mencari satu atau dua hal yang berkaitan dengan negara itu, misalnya mencari tentang paduan suara The Vienna Boys' Choir, mencari tentang foto matahari tengah malam yang ada di Norwegia, atau tentang alat musik dari Afrika. Jadi, siap bilang membaca atlas itu tidak seru?

Ukuran buku ini cukup besar dan cukup berat karena tebal serta isinya menggunakan kertas glossy. Atlas ini dijual dengan harga Rp260.000,-.

Sumber: theurbanmama.com

Most Read Articles


esis emir