Aman dan Nyaman Saat Berinternet

DIAWALI dengan Bab yang menyajikan beberapa pengetahuan dasar mengenai keamanan internet di antaranya petunjuk keamanan dasar, membuat kata sandi yang kuat, kode-kode rahasia, menghindari virus hingga percadangan dan pemutakhiran.


Ketika menggunakan media sosial, kamu bisa dengan muda tanpa sengaja berbagi terlalu banyak dan menyesalinya di kemudian hari. Bab 2 memberikan petunjuk untuk mengendalikan apa saja yang kamu bagikan dan kepada siapa saja.

Orang sering kali membicarakan ”kehidupan nyata” seakan-akan ini berbeda dari kehidupan di internet. Kata-katamu dan berbagai gambar yang kamu poskan ketika berinternet memiliki pengaruh, dan bisa memiliki efek yang cukup besar bagi hidupmu dan orang lain baik ataupun buruk.

Tata karma saat daring dikupas di Bab 3. Di internet terdapat banyak orang yang mencuri ide-idemu dan mengakuinya sebagai milik mereka, pelaku perundungan, atau yang memiliki sifat buruk lainnya. Tak hanya itu, ada juga berbagai cara lebih halus untuk berbuat jahat ketika menggunakan internet. Menjadi orang baik di internet tidak terlalu berbeda dengan bersikap baik dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin kamu pernah memasukkan namamu sendiri ke mesin pencari. Jika memiliki nama yang umum, kamu mungkin akan mendapatkan banyak informasi mengenai orang lain yang bernama sama denganmu.

Selain itu, kamu mungkin akan menemukan berbagai macam informasi mengenai dirimu, mulai dari postingan di blog, hingga foto-foto atau bahkan artikel yang pernah kamu tulis untuk majalah sekolah.

Inilah pentingnya reputasi daringmu yang diurai di Bab 4. Hal-hal yang kamu poskan ketika menggunakan internet (dan hal-hal yang diposkan orang lain mengenai dirimu) membentuk reputasi daringmu. Kamu bisa membuat reputasi daring yang lebih baik dengan berhati-hati terhadap apa yang kamu poskan.

Pada Bab 5 membahas mengenai perundingan (bullying) di dunia maya. Internet selalu dipenuhi drama dan kamu mungkin akan bertemu orang yang bertindak kasar terhadapmu. Namun, kekasaran ketika menggunakan internet juga bisa berkembang semakin parah dan kejam, serta berpotensi menjadi perundungan di dunia maya. Pengertian atas apa itu perundungan di dunia maya, mengapa orang melakukannya, dan apa yang harus dilakukan berikutnya, akan membantu mengatasinya dibahas leboh lanjut dalam bab ini.

Siapa pemilik idenya? (dan cara menghindari kunjungan dari polisi) dijelaskan di Bab 6. Orang-orang mengunggah hasil karyanya ketika menggunakan internet. Kadang, menyalin atau mencuri konten orang lain yang tersedia di internet bisa membuatmu terlibat masalah besar. Apapun konsekuensinya, sangatlah penting bagimu untuk tidak mengambil sesuatu yang tidak seharusnya diambil.

Internet itu sendiri memang gratis dan ada banyak aplikasi serta situs di luar sana yang bisa kamu gunakan tanpa biaya. Namun, kamu bisa dengan mudah terbujuk membelanjakan banyak uang di internet tanpa merencanakannya yang dibahas di Bab 7. Jika memiliki akses atas kartu kredit atau kartu debit, maka dirimu bisa berakhir dengan tumpukan tagihan.

Topic lainnya dibahas dibuku ini yaitu, Bab 8 pesan teks yang tidak sepatutnya, Bab 9 orang dewasa yang berbahaya, bab 10 meminta bantuan dan ditutup dengan Bab 11 jeda digital.

Judul Buku    : PANDUAN BERINTERNET SEHAT & AMAN U/ REMAJA

Penulis            : LOUIE STOWELL

Penerbit          : Esensi

Terbit             : 2018

Tebal              : VIII + 152 Halaman

Sumber           : Harian Fajar Makassar

Most Read Articles

esis emir