Psikologi Abnormal Di Dunia Yang Terus Berubah

DI dunia yang terus berubah ini, keadaan psikologis pun kerap berubah. Perubahan ini dan juga norma budaya membuat suatu perilaku disebut abnormal. Namun, apa yang disebut seseorang sebagai perilaku abnormal belum tentu dianggap demikian oleh orang lain. Kalau begitu, apakah yang disebut perilaku abnormal itu?

Buku Psikologi Abnormal di Dunia yang terus berubah edisi kesembilan ini merupakan buku versi terjemahan ke dalam bahasa Indonesia dari buku dengan judul Abnormal Psychology In A Changing World, Ninth Edition karya Jeffrey S. Nevid, Spencer A. Rathus dan Beverly Greene. Buku ini terdiri dari 2 jilid yang memiliki pembahasan yang berbeda dan sangat penting untuk kita ketahui terkait ilmu pengetahuan dalam tanah psikologi khususnya psikologi abnormal. Di dalamnya terdapat penjelasan mendalam mengenai makna abnormal serta perilaku dan kondisi psikis seperti apakah yang dianggap abnormal.

Buku ini terdiri dari 15 bab dimana 8 bab ada di buku jilid pertama dan 7 bab berikutnya ada di jilid kedua. Buku ini dilengkapi dengan bahan kajian mengenai DSM sebagai sistem klarifikasi diagnosis. DSM sendiri menganggap perilaku abnormal sebagai tanda atau simtom dari gangguan atau patologi yang mendasar. Kita akan melihat diagnose DSM terkait gangguan kecemasan menyeluruh, gangguan depresi mayor, skizofremia, hingga gangguan spectrum autism.

Setiap awal bab dilengkapi dengan fitur tujuan pembelajaran fakta atau fiksi, dan juga sebuah studi kasus. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan isu dan topik berpikir kritis terkait psikologi abnormal. Isu yang diangkat pun beragam sehingga memudahkan kita untuk melihat berbagai kasus dengan pembahasan yang mendalam dari para pakar. Selain isu dan topic berpikir kritis. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh studi kasus dari kejadian nyata yang diadaptasi dan beberapa. Lalu, buku ini juga menyajikan kuesionar mandiri terkait keadaan psikologis pembaca.

Buku ini juga menyajikan pembahasan terkait gangguan-gangguan baru dibidang psikologis yang muncul sering berkembangnya zaman, waktu, dan teknologi seperti gangguan menimbun atau penimbunan kompulsif, gangguan disosiatif hingga simton somatic dan gangguan terkait.

Buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan khusus terkait pengetahuan di ranah hukum yang berkaitan dengan psikologis abnormal. Menjelaskan perbedaan antara komitmen sipil dan komitmen pidana, mengevaluasi kemampuan ahli kesehatan jiwa untuk memprediksi keberhayaan, mengidentifikasi kasus-kasus pengadilan besar yang menetapkan hak-hak pasien mental, mendefinisikan kewajiban memperingatkan dan mengevaluasi dilemma yang ditimbulkannya bagi terapis, mendeskripsikan sejarah pembelaan atas dasar ketidakwarasan dengan mengutip kasus-kasus pengadilan tertentu, mendeskripsikan dasar hukum dalam menentukan lamanya komitmen pidana, dan mendeskripsikan dasar hukum dalam menentukan kompetensi untuk diadili.


Pengarang      : Nevid, Rathus, Greene

Penerbit          : Erlangga

Kode Buku : (Jl. 1) 007-150-014-0

(Jl. 2) 007-150-015-0

ISBN : (Jl. 1) 978-602-434-825-0

(Jl. 2) 978-602-434-826-7

Format : 21 cm x 28 cm

Kertas : HVS 70 gr

Tebal : (Jl. 1) 432 Halaman

(Jl. 2) 288 Halaman

Most Read Articles

esis emir