Kisah Teladan Sunan Gunung Djati

Sunan Gunung Djati yang bernama asli Raden Syarif Hidayatullah merupakan seorang bangsawan keturunan Raja di Kerajaan Pajajaran (Sunda) yang bernama Prabu Siliwangi. Dan beliau merupakan wali yang mengajarkan ajaran Islam di Indonesia terutama Wilayah Jawa Barat.

Pada saat remaja, Sunan gunung Djati belajar agama dari berbagai negara Islam seperti Baghdad, Gujarat, Palestina hingga ke Tanah Suci Makkah. Usai menuntut ilmu dari berbagai guru dan ahli agama, Sunan Gunung Djati memulai berdakwah di daerah Caruban (Cirebon) sampai ke Serang. Di Serang inilah Sunan Gunung Djati akhirnya menikah dengan putri Adipati Banten yang bernama Nyi Kawungten sehingga memiliki putra dan putri.

Hingga sekitar tahun 1479, Sunan Gunung Djati memutuskan untuk berlayar ke Negeri China untuk mempelajari ilmu pengobatan serta berdakwah. Beliau berdakwah dengan cara mengobati pasien dengan gerakan-gerakan shalat. Kemampuan mengobati nya yang sangat terkenal yang membuat Kaisar Hong Gie dari Dinasti Ming merasa terganggu, karena orang asing lebih pandai daripada rakyatnya. Lalu sang Kaisar mengundang Sunan Gunung Djati ke Istananya dengan menguji menebak siapa diantara putri-putrinya yang sendang mengandung. Sayang nya Sunan Gunung Djati menebak Putri Ong Tien yang pada saat itu berpura-pura mengandung dengan memalsukan perutnya dengan bokor kuningan. Sang Kaisar pun mencemoohnya dan mengusirnya dari Negeri China.

Seiring berjalannya waktu, kebenaran pun terungkap. Tebakan Sunan Gunung Djati menjadi kenyataan, Putri Ong Tien memang sedang mengandung. Sehingga sang Putri memutuskan untuk menemui Sunan Gunung Djati di pulau Jawa dan menjalani proses ta’aruf. Sayangnya pernikahan ini tidak berlangsung lama, karena Putri Ong Tien meninggal di usia yang masih sangat muda, 23 tahun.

Dari pernikahan inilah, hubungan antara Kesultanan Cirebon dan Negeri China menjadi sangat erat, terutama dalam bidang perdagangan. Jadi tidaklah mengherankan jika Superkids dan Superparents berkunjung ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon akan banyak menemui motif-motif hiasan dinding dari piring bercorak Negeri China.

Selain kisah perjalanan Sunan Gunung Djati dalam berdakwah, di buku ini juga dirangkum tentang ajaran-ajaran Sunan Gunung Djati serta teladan yang bisa Superkids tiru dalam kehidupan sehari-hari. Lengkapi juga koleksi mu dengan 8 Seri Kisah Wali Songo lainnya, cek serial nya serta koleksi lainnya di www.erlanggaforkids.com

 

Judul Buku : Sunan Gunung Djati Ulama dari Jawa Barat

Tebal buku : 46 Halaman

Penulis : Ummu Faris

Cover & Ilustrator : Studio 98

Penerbit : Erlangga for Kids

Harga : 75.000


Most Read Articles

esis emir