Belajar Anak Milenial

Mendidik siswa tentu memerlukan strategi, manajemen, dan pengolahan. Tidak boleh sembarangan. Ada interaksi segi empat dalam proses pembelajaran. Keempatnya yakni interaksi antara peserta didik dan pendidik atau sebaliknya.

Lalu interaksi sesame peserta didik. Interaksi peserta didik dengan sumber belajar seperti buku-buku. Dan terakhir interaksi peserta didik dengan lingkungan.

Interaksi ini tentu saja rumit. Belum lagi soal materi pelajaran. Dalam pendidikan agam Islam, pendekatan yang dilakukan guru juga lebih kompleks dan kadang rumit. Sebab, banyak pelajaran yang mengandung dogma, doktrin, dan menjadi dan menjadi bagian dari metafisik. Ini tidak ada dalam pembelajaran di sekolah umum.

Makanya, secara umum pendidikan agama Islam sebenarnya lebih kompleks. Tentu saja diperlukan manajemen yang kuat dan kokoh agar tujuan pendidikan bisa tercapai dan bejalan baik. Sebab, tidak semua peserta didik siap mental menerima pelajaran agama Islam yang multi dimensi itu.

Buku ini mendiskusikan aspek-aspek dasar sekaligus menyajikan dasar sekaligus menyajikan solusi, terobosan dan tindakan-tindakan strategis. Semuanya dapat dipraktikkan langsung oleh para pelaku pendidikan dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran PAI, baik disekolah, pesantren, maupun perguruan tinggi.

Buku ini juga membahas beberapa pendekatan dalam pembelajaran PAI, antara lain pendekatan sistemik, pendekatan kontekstual, pendekatan integralistik, tematik, saintifik, dan lainnya.

Dengan pendekatan yang kompleks itu, diharapkan peserta didik lebih tertarik belajar Islam. Apalagi generasi milenial yang melek teknologi dan langsung paham perkembangan saintis. Kadang melebihi guru.

Kode Buku     : 808-204-016-0

ISBN             : 9786020935805

Penulis          : Mujamil Qomar Penerbit Emir


Most Read Articles

esis emir