Pendidikan Karakter di SMP/MTS


Buku ini terbagi menjadi lima bab, Masing-masing bab berisi nilai utama karakter bangsa, yaitu Religius, Nasionalisme, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Setiap bab diuraikan secara terperinci subnilai dari masing-masing nilai utama karakter prioritas gerakan Pengauatan Pendidikan Karakter (PKK).

Topik Religius Cinta Kepada Tuhan yang Maha Esa diurai di bab awal. Religius adalah sikap  dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidp rukun dengan pemeluk agama lain.

Nilai karakter religius meliputi tiga dimensi relasi sekaligus yaitu hubungan individu dengan Tuhan, individu dengan sesama, dan individu dengan alam semesta (lingkngan), Nilai karakter religius ini ditunjukan dalam perilaku mencinntai dan menjaga ketuhan ciptaan-Nya

Subnilai religius yang dibahas antara lain cinta damai,toleransi, mengahrgai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kerjasama antarpemeluk agama dan kepercayaan, antibulii dan ke-kerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, mencintai lingkungan, serta melindungi yang kecil dan tersisih.

Indonesia adalah suatu masyarakat yang bersifat plural atau majemuk, kemajemukan agama dan kepercayaan, tetapi para penganutnya selalu hidup rukun dan damai . semua agama mengajarkan untuk mencintai kedamaian. Melalu semangat kerukunan, pluralisme, sehingga teruwujud kerukunan dan kedamaian di negara kita.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menujukan sikap toleransi. Selalu siap membantu sesama dalam keadaan apapun dan tanpa melihat status orang tersebut. Jangan melakukan perlakuan diskriminasi terhadap suatu agama.

Bab 2 mengupas Nasionalis Cinta Negeriku Indonesia. Sikap nassionalisme merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukan kesetian, lkepedlian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara, menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.

Subnilai karakter yang dikupas, di bab ini yaitu apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, unggul, berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suk dan agama.

Kemudian di Bab 3 membahas Mandiri Cinta Belajar, Berkarya, dan Bekerja. Karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita.

Subnilai karakter yang dibahas di bab ini yaitu, etos kerja (kerja keras), tangguh tahan banting, daya juang, profesional, kreatif, keberanian dan menjadi pembelajar sepanjang hayat. Topik Gotong Royong Cinta Orang Lain, Ligkungan, dan Masyarakat diurai di Bab4. Gotong royong adalah bekerja atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan.

Karakter menolong seseorang dengan ikhlas dan bergotong royong adalah karakter yang telah dimiliki bangsa Indonesia sejak zaman dahulu. Semangat gotong royong berkembang dengan baik karena didorong kesadaran bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain dan manusia perlu menjaga hubungan baik dengan sesama untuk meningkatkan persaudaraan.

Bab terakhir mengurai Integritas Cinta Kebenaran, Keadilan, dan Moralitas. Integritas adalah kegiatan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur fan keyakinan. Integritas adalah kompas yang mengarahkan perilaku seseorang. Subnilai karakter yang dibahas di bab ini yaitu kejujuran,cinta pada kebenaran, setia, komitmen, moral, anti korupsi, keadilan, tanggung jawab, keteladanan, dan meghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).


JUDUL : PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER(PPK) UNTUK GURU DAN SISWA SMP/MTS

PENULIS : LESTARI PURWANTI

PENERBIT : ERLANGGA

TERBIT : 2018

TEBAL : X+300 HALAMAN

Resensi Buku Harian Fajar Makassar, Minggu, 2 September 2018


Most Read Articles

esis emir