REVOLUSI MINDSET UNTUK RAIH SUKSES


SETIAP orang memaknai sukses dengan cara berbeda-beda. Rumusan sukses yang jelas mampu menjadi target usaha, peta perjalanan untuk mencapai target, dan motivator utama saat kita sedang malas, ragu, dan putus asa. Dalam buku ini, Anda dapat merumuskan kesuksesan sesuai dengan profesi dan posisi Anda.

Yang paling tahu rumusan sukses meraih impian Anda adalah Anda sendiri. Jika ada perbedaan impian, diskusikan, dan capai kompromi. Setiap orang memiliki naluri sukses dan memiliki peluang untuk mencapai sukses. Ada yang sangat gigih meraih kesuksesan dan ada yang membiarkan pikiran serta perilakunya menjauh dari kesuksesan.

Bagi Anda, untuk mengubah mindset dapat diperkukuh dengan motivasi : “ Tangan di atas lebih mulia dibanding dengan tangan di bawah.”

Memang ada orang yang kurang peduli dengan impian suksesnya. Ada berbagai kemungkinan sebabnya. Lebih memprihatinkan kalau mengalami kegagalan, mereka membawa-bawa nama Tuhan.

Bagi insan yang tangguh dan bertakwa, kegagalan tidak akan mengakibatkan trauma. Orang ini mampu berpikir positif dan mampu memotivasi diri dengan kegagalan : Kegagalan adalah sukses yang tertunda!

Setiap orang memiliki beragam potensi diri, dia harus bijak memilih mana yang harus menjadi fokus pengembangan dan mana yang cukup diasah secara biasa. Mengenali kecerdasan kita sebagai potensi diri penting adanya, karena dengan demikian kita akan lebih mudah mengembangkan suatu keahlian atau keterampilan.

Rasa syukur dan selalu optimis sangat menentukan keberhasilan dalam usaha kita mengenali kecerdasan dan mengembangkannya sebagai potensi diri untuk meraih sukses dalam kehidupan yang penuh tantangan ini.

Mengacu pada psikologi sosial, orang yang berani melakukan intropeksi diri adalah orang yang paling berpeluang meraih sukses dalam hidupnya. Berani melihat secara jujur dan kritis apa kekurangannya saat gagal menyelesaikan suatu hal serta bukan mencari-cari kesalahan orang lain.

Pembahasan selanjutnya mengenai mental plus, yang diistilahkan sebagai “karakter super”. Sifat-sifat unggul dapat terlihat di dalam ucapan dan perilaku pemiliknya. Gagasan orisinal diramu menjadi Manajemen Hidup Total (MHT). MHT adalah gagasan komprehensif untuk menyeimbangkan pengembangan karakter, keahlian profesional,  dan fisik. Bahayanya, bila salah satu dari ketiga modal dasar ini diabaikan, pengembangan diri tidak akan optimal.

Etos belajar dan kerja adalah indikator dari penentu sukses tidaknya seseorang dalam belajar atau bekerja. Begitu besarnya peran etos ini di dalam keberhasilan seseorang sehingga bisa dipandang sebagai pesaing bakat.

Sehat pangkal sukses juga dibahas lebih mendalam dalam buku ini. Pola hidup adalah konsep seseorang dalam menjalani hidup yang ia yakini sebagai hal terbaik baik dirinya. Perlu juga memperhatikan dan menjaga pola makan, pola istirahat serta pola olahraga.

Zaman sekarang, mengembangkan diri menjadi insan unggul yang memiliki keahlian merupakan suatu keharusan. Siapa yang tidak memiliki keahlian akan terlibas atau gagal dalam persaingan.

Keahlian yang unggul ialah kemampuan memikirkan dan mengerjakan sesuatu dengan hasil yang menonjol mutunya. Ketinggian mutu ini tanpa perlu dipaksakan, akan dengan mudah untuk diakui oleh orang lain.

Saat tengah berusaha membangun kesuksesan, tahap yang perlu diperhatikan yaitu menyusun strategi untuk mewujudkannya. Rencana yang baik dapat membimbing kita menuju ke suatu tujuan dengan energi dan biaya seefisien mungkin.

Setelah kita berhasil mengembangkan dan menyinergikan semua potensi kita dalam melaksanakan semua usaha atau tindakan untuk mewujudkan cita-cita kita, yang harus kita kobarkan adalah semangat kita untuk memulai dan meneruskan gagasan kita ke dalam strategi yang matang.

Judul : PASSWORD MENUJU SUKSES; EDISI REVISI

Penulis : DR. SUMARDI, M.SC

Penerbit : Esensi

Terbit : 2018

Tebal : VIII + 176 Halaman

Resensi harian Fajar 06 Agustus 2018



Most Read Articles

esis emir