Psikologi

PDFPrintE-mail

Life-Span Develompent

Edisi 13 Jilid 2

Edisi terbaru dari karya besar John W. Santrock ini semakin lengkap dengan materi serta penelitian-penelitian terakhir. Ciri khas buku karya John W. Santrock adalah memberikan peta pembelajaran yang komprehensif terhadap seluruh materi melalui tujuan pembelajaran yang detail. Bagi pembaca buku ini, penekanan tema koneksi pada berbagai aspek perkembangan masa hidup akan sangat bermanfaat dalam memahami konsepnya. Tema-tema koneksi ini – Koneksi Perkembangan, Koneksi Topik, Mengoneksikan Perkembangan dengan Kehidupan, Terkoneksi dengan Karier, dan Terkoneksi melalui Riset – menyatukan konsep dari berbagai bab untuk memperkuat proses pembelajaran dan mengoneksikan materi ke dalam kehidupan sehari-hari pembaca serta aspirasi di masa depannya. Singkatnya, buku ini memudahkan pembaca dalam menghubungkan konsep dengan kehidupan sehari-hari, memahami penelitian tentang perkembangan masa hidup, dan akhirnya menghubungkan perkembangan masa hidup dengan dunia nyata. Materi terbaru dalam edisi ke-13 ini serta keakuratannya telah mendapat rekomendasi dari pakar psikologi perkembangan di berbagai universitas.

 

PDFPrintE-mail

Psikologi Jilid 2 - Edisi 11

Buku ini memberikan segala hal yang harus Anda ketahui dalam bidang psikologi dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dalam setiap bahasannya, Anda juga akan disuguhi dengan ilustrasi, contoh, dan fitur-fitur menarik lainnya yang dapat membantu pemahaman Anda terhadap pokok bahasan yang diangkat.

Dalam edisi kesebelas ini, Wade, Tavris, dan Garry melengkapi setiap bahasan yang diangkat dengan hasil-hasil penelitian terkini di bidang psikologi yang terus berubah. Buku ini berisikan enam belas bab yang dibagi menjadi dua jilid. Pada jilid kedua buku ini, akan dipaparkan topik-topik mengenai ingatan; emosi, stres, dan kesehatan; motivasi yang melatarbelakangi perilaku seseorang; perkembangan di sepanjang kehidupan manusia; beberapa teori kepribadian yang harus Anda ketahui; gangguangangguan psikologis; serta pendekatan terhadap penanganan dan terapi bagi gangguan-gangguan psikologis.

 
 

Psikologi Jilid 1 Edisi 11

PDFPrintE-mail

Buku ini memberikan segala hal yang harus Anda ketahui dalam bidang psikologi dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dalam setiap bahasannya, Anda juga akan disuguhi dengan ilustrasi, contoh, dan fiturfitur menarik lainnya yang dapat membantu pemahaman Anda terhadap pokok bahasan yang diangkat.Dalam edisi kesebelas ini, Wade, Tavris, dan Garry melengkapi setiap bahasan yang diangkat dengan hasil-hasil penelitian terkini di bidang psikologi yang terus berubah. Buku ini berisikan enam belas bab yang dibagi menjadi dua jilid. Pada jilid pertama buku ini, akan dipaparkan topik-topik mengenai apa itu psikologi, metodologi penelitian psikologi, gen terkait dengan evolusi dan lingkungan, otak dan sistem saraf, ritme tubuh dan kondisi mental, sensasi dan persepsi, pembelajaran dan

pengondisian, perilaku di dalam konteks sosial-budaya, serta proses berpikir dan inteligensi.


 
 

Pembelajaran Matematika untuk PGSD

PDFPrintE-mail

Buku Pembelajaran Matematika untuk PGSD ini membahas tentang topik-topik matematika dasar yang berkenaan dengan penalaran proporsional seperti pecahan, desimal, persen, rasio, proprsi, dan perbandingan. Buku ini memberikan solusi bagi (calon) guru SD untuk dapat mengembangkan penalaran proporsional siswa secara baik sehingga miskonsepsi yang selama ini terjadi dapat diminimalisasi. Oleh karena itu, buku ini tidak hanya memberikan teori tentang bagaimana membangun penalaran proporsional siswa, tetapi juga memberikan contoh kesalahan siswa dan cara mengatasinya.

 
 

Bagaimana Siswa Belajar

PDFPrintE-mail

Isu kunci yang dibahas dalam buku "Bagaimana Siswa Belajar" ini adalah:
Bagaimana seharusnya guru mengajar agar siswanya dapat belajar dengan baik? Kata kuncinya: TRUST CHILDREN.
Guru harus percaya bahwa anak-anak bisa belajar sendiri. Manusia itu makhluk pembelajar. Sejak lahir, manusia sudah terarah untuk belajar. Kalau burung terbang, ikan berenang, manusia berpikir dan belajar. Karena itu, siswa tidak perlu disuruh-suruh, dipaksa-paksa, apalagi ditakuti-takuti agar mereka belajar.

Tugas guru adalah: pertama, menyediakan ruang dan sarana-prasarana yang seluas-luasnya untuk mereka belajar, termaksud bereksplorasi dan berkreasi;
kedua, memberikan bantuan dan bimbingan saat mereka memerlukan dan memintanya; ketiga, mendengarkan dengan penuh respek saat mereka bicara atau mengungkapkan isi hati dan pikirannya; keempat, lebih banyak berdiri di belakang, dan sisanya membiarkan siswa belajar sendiri.

 
 

Mengapa Siswa Gagal

PDFPrintE-mail

Banyak siswa di sekolah mengalami kegagalan. Mereka gagal mengembangkan kemampuan mereka untuk belajar, memahami, serta menciptakan, yang sudah dikaruniakan kepada mereka sejak lahir, dan yang sebetulnya sudah sangat baik mereka kembangkan dalam tahun-tahun pertama kehidupan mereka. Itu semua terjadi karena rasa takut, bosan, dan bingung. Mereka takut mengecewakan banyak orang dewasa yang cemas di sekitar mereka, bosan karena banyak dari hal-hal yang mereka terima di sekolah bersifat sepele dan kurang bermakna, serta bingung karena apa yang dikatakan kepada mereka hampir tidak memiliki hubungan apa pun dengan apa yang sungguh-sungguh mereka ketahui (dengan model mentah realitas yang ada di kepala mereka). Buku ini dipersembahkan bagi guru, sekolah, dan orang tua yang sering kali gagal dalam mendidik anak-anak, namun mau belajar dari kegagalan-kegagalannya.

Pertama kali diterbitkan pada pertengahan 1960-an, Mengapa siswa Gagal memicu gerakan reformasi dalam bidang pendidikan, yang terus berlanjut sampai hari ini. Pemahamannya akan anak-anak, kejernihan pikirannya, serta kedalaman perhatian dan cintanya terhadap anak-anak telah membuat Mengapa Siswa Gagal dan buku-buku Holt lainnya menjadi karya klasik yang tak lekang dimakan zaman.

 
 

Teori-Teori Belajar & Pembelajaran

PDFPrintE-mail

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, salah satu usaha yang dapat kita lakukan ialah memahami bagaimana anak- anak kita belajar. Apakah perilaku yang menandakan bahwa belajar telah berlangsung pada diri mereka? Bagaimana informasi yang diperoleh dari lingkungan diproses dalam pikiran mereka sehingga menjadi milik mereka, kemudian kembangkan? Demikian pula bagaimana seharusnya informasi itu disajikan agar dapat mereka cerna, dan dapat mereka ingat atau bertahan dalam pikiran mereka?

Buku ini bertujuan untuk menghimpun segala pemikiran yang telah diberikan para ahli terhadap belajar dan pembelajaran dengan harapan dapat dijadikan bekal bagi para mahasiswa calon guru agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik di lapangan di kemudian hari. Bagi para pengajar yang sudah ada di lapangan, buku ini akan membantu mereka meningkatkan mutu pendidikan dengan lebih memahami seluk beluk belajar dan implikasinya terhadap mengajar.

 
 

Desain Instruksional Modern

PDFPrintE-mail

Idealnya, setiap pengajar selalu berusaha mencari cara terbaik untuk melaksanakan kegiatan pengajarannya. Demikian pula, setiap pengelola program diklat senantiasa mencari jalan meningkatkan kualitas programnya melalui cara-cara yang  dianggapnya baik, sesuai dengan kebutuhan peserta diklat dan kondisi lembaga diklatnya.

Buku desain instruksional edisi ketiga ini diberi judul Desain Instruksional Modern: Pegangan Pemimpin dan Inovator Pendidikan. Seperti terlihat di judulnya, buku ini dimaksudkan untuk digunakan oleh pemimpin dan inovator pendidikan. Yang dimaksud dengan pemimpin di sini adalah setiap pendidik, pihak yang memegang posisi sebagai pembuat keputusan yang berpengaruh terhadap pihak lain termasuk terhadap peserta didik yang diajarnya. Yang dimaksud dengan inovator di sini adalah individu atau kelompok individu yang menciptakan pembaharuan dan pelopor dalam proses pembaruan pendidikan.

 
 

Psikologi Pendidikan Edisi 6 Jilid 1 & 2

PDFPrintE-mail

Dewasa ini, penguasaan keterampilan mengajar yang efektif tidak saja dilihat dari seberapa kompeten seorang guru menguasai bidang yang diampunya, tetapi juga dari seberapa mampu ia mempresentasikan suatu topik atau mendemonstrasikan suatu keterampilan sedemikian rupa sehingga para siswa dapat memahami dan menguasainya. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan guru meraih perhatian siswa, memotivasi siswa sehingga siswa bersemangat dan antusias mempelajari materi yang diberikan, dan mentransformasi hubungan-hubungan interpersonal sedemikian rupa sehingga menjadi suatu komunitas pembelajaran yang kohesif, produktif, dan saling mendukung.

 
 

Page 1 of 2

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir