PDFPrintE-mail

Mengikuti Tryout Persiapan US/M dan UN 2017

Ada yang mengatakan bahwa semakin sering berlatih maka akan semakin terampil, atau bisa karena biasa. Hal ini menunjukan bahwa frekuensi latihan dapat mempengaruhi hasil akhir seseorang. Karena alasan tersebut, banyak penyelenggara pendidikan, baik pihak sekolah maupun eksternal,  mengadakan tryout untuk mempersiapkan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dan Ujian Nasional (UN).

tryout menjadi bagian yang sangat penting, terutama untuk kalian yang duduk di bangku kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA. Semakin sering mengikuti tryout maka akan semakin terampil dalam mengerjakan soal-soal ujian. Meskipun demikian, soal tryout tidak 100% sama dengan soal ujian yang sesungguhnya, tetapi soal tersebut mengarah pada SKL, dan kisi-kisi US/M atau UN.

Dengan rajin mengikuti tryout maka kalian akan mengetahui kekurangan kalian pada saat ujian. Beberapa dari kalian mungkin hanya fokus pada soal hitungan dan mengabaikan mata pelajaran bahasa atau hafalan. Kemudian saat hasil tryout keluar, ternyata nilai yang diperoleh jauh di bawah harapan. Hasilnya justru tidak merata dan hanya unggul pada mata pelajaran tertentu. Setelah itu, kalian baru menyadari materi apa saja yang perlu dipelajari lagi.

Pada saat tryout, berbagai bentuk soal ujian pun akan bermunculan. Bahkan kalian tidak bisa memprediksi materi apa yang akan diujikan nanti. Hal ini tentunya dapat melatih pola berpikir dalam menghadapi segala bentuk soal. Namun, setidaknya kalian menjadi familiar dengan soal-soal US/M dan UN. Seusai tryout, kalian dapat mengevaluasi materi atau topik yang ternyata belum dikuasai. Lalu, meminta bantuan teman, guru, dan tutor untuk mengajarkan soal-soal tryout tersebut.

Manfaat lainnya mengikuti tryout adalah terbebas dari masalah manajemen waktu. Kalian yang terbiasa mengikuti tryout mampu memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Kalian dapat mengerjakan semua soal secara tepat waktu, mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu soal, dan menghindari hal-hal sepele yang dapat membuang waktu pada saat ujian berlangsung. Lain halnya jika kalian tidak pernah mengikuti tryout. Kalian akan kewalahan menjelang menit terakhir karena masih banyak soal yang belum dikerjakan.

Mengingat persiapan US/M dan UN tidak bisa dipersiapkan secara singkat maka kalian harus mempersiapkannya secara serius dan sedini mungkin. Jika kalian belum merasa yakin dengan kemampuan yang dimiliki untuk menghadapi ujian yang sesungguhnya maka perbanyak tryout! Tryout mampu meningkatkan rasa percaya diri pada saat mengikuti US/M dan UN. Nilai hasil tryout juga dapat menjadi acuan untuk memprediksi kelulusan.

Saat ini tidak hanya pihak sekolah saja yang menyelenggarakan tryout untuk persiapan US/M dan UN, tetapi beberapa lembaga eksternal seperti bimbingan belajar, penerbit buku, lembaga sosial dan program CSR perusahaan juga turut membantu pelajar Indonesia dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan tryout. Soal-soal tryout yang diujikan tidak hanya mengasah kemampuan kalian dalam mengerjakan soal, tetapi juga mengikuti standar US/M dan UN.

Sebagai salah satu perusahaan penerbit buku-buku best seller US/M dan UN, Penerbit Erlangga akan menyelenggarakan Tryout Serentak pada tanggal 17 Desember 2016 dan Tryout Akbar pada 5 Maret 2017. Tujuannya adalah membantu pelajar Indonesia dalam mempersiapkan US/M dan UN. Soal-soal tryout yang akan diujikan pun merupakan soal-soal yang biasa diujikan pada ujian sesungguhnya.

Jadi tunggu apalagi, persiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk menghadapi US/M dan UN!

Most Read Articles

Acara dan Promo


esis emir