Bisa Karena Biasa

PDFPrintE-mail

Ujian Nasional (UN) sudah di depan mata. Perbekalan menuju medan peperangan UN harus semakin disiapkan dengan baik. Materi-materi yang diujikan pada UN memang tidak sedikit, kita perlu mempelajari kembali materi dari  kelas 7, 8, hingga 9. Namun, banyaknya materi yang harus dipelajari tidak perlu membuat kita patah semangat. Salah satu cara untuk mempelajari semua materi yang diujikan adalah dengan mengerjakan soal.

Dengan mengerjakan soal, kita dapat merujuk ke materi yang ditanyakan kemudian mulai memahaminya. Dalam hal ini, latihan mengerjakan soal-soal diperlukan untuk melihat variasi soal dari bab atau sub-bab materi tertentu. Sebaiknya, jangan hanya mempelajari soal-soal prediksi saja, cobalah kerjakan soal-soal UN di tahun-tahun sebelumnya. Semakin banyak soal yang kita kerjakan, semakin terlatihlah kita dalam menjawab soal.

Sebuah pepatah mengatakan, “Practise make perfect”, artinya latihan yang teratur akan menghasilkan kesempurnaan berupa hasil yang baik. Sebuah nasihat orangtua juga dapat menyemangati kita bahwa kita akan bisa jika terbiasa. Yap, kita bisa menaklukkan soal UN nanti karena bisa mengerjakan soal-soal dan belajar sungguh-sungguh. Tak lupa, mintalah orangtua mendoakan kita dan berdoalah pada Yang Maha Kuasa.

Most Read Articles

esis emir